Kepala Desa Sirukun Blusukan Sebelum Musrenbangdes Lakukan Pembinaan UMKM Pada Petani


Kepala Desa Sirukun Blusukan Sebelum Musrenbangdes Lakukan Pembinaan UMKM Pada Petani


Jawapes Banjarnegara

Kepala Desa Sirukun Blusukan Sebelum Musrenbangdes Lakukan Pembinaan UMKM Pada Petani

 (Usaha Mikro Kecil Menengah) rabu pagi  (01/09/2021). Desa Sirukun Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara, melalui pemerintahan tingkat desa melakukan pengembangan pemberdayaan dan pembinaan terhadap UMKM milik kelompok Baswara sirukun Rt03/Rw01 dan RT01/RW02 kadus satu. 

UMKM yang baru lahir satu bulan ini, membaktikan Ekonomi kerakyatan serta dalam rangka program pembinaan.  
Kedatangannya disambut oleh ketua kelompok UMKM Wasirun setiawan.


Dalam kesempatan itu, Karpi memaparkan bahwa saat ini sektor pertanian gabah/padi yang harganya kurang standar dan pelaku UMKM masih dirasakan belum optimal dalam memberikan konstribusi perekonomian di wilayah desa sirukun ataupun tingkat Kecamatan, potensi petani yang ada sangat tinggi, tapi sayang harganya anjlok. 

"Kondisi inilah yang sedang digiatkan agar petani dan pelaku UMKM dapat memberikan sentuhan dan berdampak penting terhadap perekonomian masyarakat kita," ujar Karpi

Ditambakannya bahwa petani saat ini banyak yang menumpuk gabah (padi) barang tidak bisa terjual di karenakan harganya menurun1.kg Rp 3500,. yang biasanya normal Rp5000,.dan sekitar ada 8 pelaku UMKM didaerah ini.

"Jika petani dan pelaku UMKM ini dalam kondisi sehat, tangguh dan mandiri, tentunya akan memberikan peningkatan taraf Ekonomi yang sangat signifikan terhadap masyarakat desa sirukun,"
jelasnya

Menurut Karpi Kepala desa yang menjabat dua periode ini, salah satu langkah yang dilakukan yang akan dipimpinnya adalah, mendorong tumbuhnya Ekonomi kerakyatan untuk pelaku UMKM dan pentani dengan usaha yang dapat mensejahterakan masyarakatnya.

Oleh karena itu sebelum melaksanakan musrenbangdes (musyawarah pembangunan desa) tahun 2022 ini berharap, "kami atas nama jajaran pemerintanan desa Sirukun turun langsung ke lapangan,  ini bukan sekedar pencitra'an tapi untuk memberikan penyuluhan dalam rangka memajukan UMKM. Seperti pembuatan getuk, pembuatan roti, gender nasi kerupuk dan akuariu, jga banyak bidang usaha  yang dapat dilaksanakan oleh di wilayah perdesaan yang ada di daerah kita ini," tuturnya.

Karpi juga menegaskan bahwa pihaknya akan melaksanakan program pembinaan tersebut secara kontinyu agar pelaku  umkm benar~benar bisa mandiri
ungkapnya.

(4rd1)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama