DPPKB Situbondo Jalin Kemitraan Dengan Fatayat NU Dalam Pelayanan Pemasangan Implan

Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DPPKB Situbondo bersama pengurus PC Fatayat NU memantau pelaksanaan pemasangan KB implan 


Jawapes, SITUBONDO - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Situbondo bekerja sama dengan Fatayat NU dalam rangka memberikan pelayanan KB kepada masyarakat di Klinik NU Bina Jasmani, Kecamatan Kapongan, Kamis (2/9/2021).


Acara tersebut dihadiri langsung Kepala PCNU Situbondo KH. Dr. Muhyidin Khotib, Korbid Kesehatan Fatayat NU dan para anggota.


Desy Tariustanti selaku Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DPPKB Situbondo mengatakan bahwa pihaknya menjalin kemitraan dengan Fatayat NU Situbondo untuk memberikan pelayanan KB di Klinik NU Bina Jasmani yang akan dilaksanakan secara rutin 2 kali dalam seminggu. Salah satunya, menyediakan fasilitas layanan jemput akseptor untuk memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang khususnya pemasangan KB implan. Alasan pemasangan KB implan diharapkan para perempuan di Kabupaten Situbondo bisa terlindungi dari kehamilan yang tidak terencanakan serta mampu meningkatkan capaian kepesertaan KB. 


"Selain pemasangan KB implan, Kedepannya kita juga akan menyediakan layanan akseptor MOP KB disini. Kalau suntik dan pil KB memang sudah tersedia, menjadi layanan rutinitas," jelasnya.


Lebih lanjut, Para calon akseptor yang ingin menggunakan layanan pemasangan implan KB harus mendaftar dulu kepada kader fatayat NU di wilayahnya masing-masing atau kepada kader KB yang ada disetiap desa dan kecamatan. Lalu menunggu konfirmasi agar bisa diatur layanannya, untuk menghindari terjadinya kerumunan dimasa pandemi. Jadi dalam sehari dibatasi maksimal 20 aseptor dan apabila ada kelebihan calon akseptor akan dijadwalkan pada hari berikutnya. Untuk persyaratan mendapatkan layanan pemasangan KB implan adalah menyertakan Fotokopi KTP dan KK, lalu batas usia maksimal 46 tahun.


Sementara itu, Wardatul Asfiyah S.Pd selaku pengurus PC Fatayat NU Kabupaten Situbondo memberikan apresiasi atas terselenggaranya layanan pemasangan KB implan, karena merasa sangat terbantu dan mengucapkan terima kasih kepada DPPKB Situbondo yang sudah memfasilitasi layanan jemput akseptor. Para calon akseptor. Ssampai saat ini acara masih berlangsung tampak. sangat antusias.


"Hari ini adalah kegiatan kedua pemasangan implan KB, yaitu pesertanya dari anggota Fatayat NU ranting Kecamatan Kapongan dan Jangkar, sebelumnya hari Selasa peserta aseptor dari anggota Fatayat NU Ranting Kecamatan Panji, Kecamatan Situbondo dan Kecamatan Mangaran," ujarnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama