HIPPA Membangun Irigasi Tingkatkan Produktifitas Petani

Iswoko

Jawapes, NGANJUK
- Air mengalir sampai jauh adalah sebagian harapan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) di wilayah hamparan pertanian berkelanjutan. Harapan petani ini tidak adanya lubang-lubang air yang tidak diinginkan, sehingga air pertanian mudah dikendalikan jika musim kemarau. Selain itu, air bisa tepat sasaran pada lahan pertanian atau musim hujan air bisa mengalir sampai jauh pada avour yang sudah ada.


Untuk mewujudkan tingkat produktifitas petani lebih baik, ketua HIPPA Nglawak Sejahtera Desa Nglawak Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk telah membangun irigasi di wilayah hamparan lahan pertanian berkelanjutan. Pembangunan irigasi itu melalui pengelolaan irigasi tersier yang dilaksanakan oleh Program  Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi  (P3TGAI) tahun 2021.



Iswoko sebagai ketua HIPPA pada saat dikonfimasi awak media mengatakan, anggaran pembangunan irigasi ini dari P3TGAI tahun 2020  tentu kami kelola melalui HIPPA ini  dan dipastikan sesuai dengan volume yang telah ditentukan, bahkan ada pengembangan sebesar sebelas meter kanan kiri.


“Sebelum ada pembangunan irigasi ini, air pertanian sulit dikendalikan karena adanya lubang air yang tidak teratur dan kami atas nama petani yang ada di wilayah hamparan pertanian merasa senang adanya program tersebut," tutupnya.(Kom


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama