BUMDes Jegreg Semrawut Akibat Ulah Oknum Perangkat Desa

jawapes.or.id - BUMDes Jegreg Semrawut Akibat Ulah Oknum Perangkat Desa



Jawapes, NGANJUK - Akselerasi pembangunan multi sektoral di negeri ini menjadi skala prioritas di berbagai bidang, namun sebagian outputnya tidak sesuai harapan, lebih dari itu berujung menjadi buah bibir di tengah masyarakat.


Badan usaha milik desa (BUMDes) Jegreg Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk, disinyalir kekayaan BUMDesnya semrawut akibat ulah oknum perangkat Desa Jegreg. Mawutnya kekayaan ini ditengarai adanya pinjaman dana oleh oknum perangkat desa tanpa adanya laporan pertanggung jawaban tahunan oleh ketua BUMDes kepada Kepala Desa Jegreg (Nuril).


Kepala Desa Jegreg terkonfirmasi pihaknya menjelaskan bahwa, BUMDes Jegreg ini tidak ada aktifitasnya, oknum ketua BUMDesnya meninggal dunia, sekretarisnya Modin yang selama ini kekayaan BUMDes dipinjam oleh sejumlah perangkat desa.


"Belum lama ini, mereka telah diperiksa oleh pihak Inspektorat yang pada pokok hasil pemeriksaannya, perangkat desa membuat surat pernyataan pengembalian dana BUMDes yang telah mereka pinjam,” terang Kades.


Masih dalam keterangan Kades Jegreg didampingi oleh sekretaris BUMDes (Modin) di kantor desa pada Rabu (7/7/2021), bahwa, kekayaan BUMDes ini bersumber dari APBDes tahun 2018 dan tahun 2019 yang besarnya kurang lebih Rp100 juta.


Sudah sepantasnya dari pihak dinas terkait untuk mempertanyakan kembali hasil temuannya sesuai kesepakatan untuk dikembalikan ke rekening desa.(Kom)   


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama