Bersih Desa Sambilawang, Gelar Ruwatan Wayang Kulit Dua Dalang

Pelaksanaan kegiatan bersih desa menampilkan ruatan wayang kulit dengan kolaborasi dua dalang 

 

Jawapes, PONOROGO - Bersih desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa yang dipercaya sebagai penjaga desa tersebut. Terkait sesaji merupakan kewajiban setiap keluarga untuk menyediakan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat setempat untuk membersihkan dari roh- roh jahat yang mengganggu.


Masyarakat Desa Sambilawang, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, setiap tahun, jatuh pada bulan Selo (bulan Jawa) selalu melaksanakan bersih desa yang dilaksanakan dengan cara memotong kambing kendit, di area Beji Bende, Desa Sambilawang. Kemudian dagingnya dimasak dan dimakan bersama-sama masyarakat setempat.


Disampaikan oleh Kepala Desa Sambilawang, Sumadi, saat dikonfirmasi di dilokasi nyadran, Sabtu, (03/07/2021) mengatakan adanya tradisi nyadran atau bersih desa diadakan setiap tahun, jatuh pada bulan Selo (bulan Jawa) ditempat ini, dengan cara memotong kambing kendit, kemudian dagingnya dimasak tanpa dicicipi kemudian di makan bersama masyarakat sekitar. Pada malam harinya  di digelar wayang kulit.


"Acara seperti ini sudah turun-temurun sejak dulu, pernah tidak diadakan yang akhirnya banyak terjadi hal-hal aneh dan membuat masyarakat resah, sehingga hari ini diadakan kembali bersih desa dan ruatan mengakibatkan sesuatu yang aneh tersebut reda dengan sendirinya," jelas Kades Sumadi.


Pada tahun ini sehubungan dengan kondisi Pandemi, pemerintah Desa Sambilawang bersama masyarakat mengadakan bersih desa dengan cara sederhana, tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. 


Setelah menyembelih kambing kendit, didanyangan Beji Bende, malamnya digelar ruatan wayang kulit dengan menampilkan kolaborasi dua dalang antara Ki Purbo Sasongko dan Ki Sento Yitno Carito, dengan mengambil lakon "Wahyu Katentreman" serta juga dimeriahkan oleh bintang tamu dagelan Joklithik. Pagelaran yang diadakan secara sederhana dengan menjalankan protokol kesehatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar.


"Kami berharap adanya kegiatan selamatan bersih desa, pihak pemdes dan masyarakat Desa Sambilawang terhindar dari segala sukerto, musibah atau balak sehingga menjadi desa yang damai, aman, ayem-tentrem, masyarakat guyub rukun dan terhindar dari wabah Covid 19," harapnya. (Gst)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama