Komisi III DPRD Situbondo Pertanyakan Serapan Anggaran Yang Masih Rendah

Ketua Komisi III DPRD Situbondo H.A. Bashori Shanhaji berikan tanggapan terkait Serapan anggaran masih rendah dan belum adanya kegiatan pembangunan fisik infrastruktur yang berasal dari APBD tahun 2021

Jawapes, SITUBONDO - Serapan anggaran masih rendah dan belum adanya kegiatan pembangunan fisik infrastruktur yang berasal dari APBD tahun 2021 serta pembahasan pertanggung jawaban APBD tahun 2020, Komisi III DPRD Situbondo akan memanggil pihak Bappeda dan LPSE.


Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Situbondo H.A. Bashori Shanhaji kepada awak media di kantornya, Kamis (24/6/2021). Menurutnya program kegiatan yang ada di APBD pada tahun ini agar segera dilaksanakan, sebab jika berkaca pada penetapan APBD di Bulan Maret kemarin seharusnya kegiatan pembangunan fisik infrastruktur di Kabupaten Situbondo sudah berjalan, mengingat seperti di Kabupaten Jember APBDnya ditetapkan pada Bulan April tetapi kegiatan pembangunan fisik sebagian sudah ada yang dilaksanakan.


"Kami pihak Komisi III DPRD Situbondo akan meminta klarifikasi kepada pihak-pihak terkait, alasan kenapa masih ada keterlambatan? Yang jelas sekarang faktanya serapan anggaran masih rendah dan belum ada kegiatan pembangunan fisik infrastruktur," jelasnya.


Lebih lanjut dikatakan, dampak tidak adanya kegiatan pembangun tersebut adalah berkurangnya lapangan pekerjaan.


"Jadi intinya di Kabupaten Situbondo penetapan dan pengesahan APBD sudah, tetapi realisasi kegiatan yang masih belum, khsususnya di pembangunan fisik infrastruktur yang menjadi bidang pengawasan komisi III. Terkait pemanggilan pihak Bappeda dan LPSE yang pertama adalah pembahasan Perda pertanggung-jawaban APBD anggaran tahun 2020 dan menanyakan persoalan serapan anggaran pembangunan fisik infrastruktur tahun 2021," paparnya. 


Kemudian, H.A. Bashori Shanhaji meminta agar lebih dipercepat supaya serapan anggaran sesuai dengan perencanaan dan yang terpenting ada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Fin/saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama