Ganjar Tinjau RSJ Amino, Minta Ditambah Tempat Tidur ICU Covid-19


Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat cek kondisi RSJ. Amino Gondo Utomo


Jawapes Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pihak RS Jiwa Amino Gondo utomo mengakselerasi penambahan kamar isolasi dan tempat tidur ICU untuk pasien COVID-19. Hal ini diupayakan untuk mengantisipasi apabila terjadi ledakan kasus, katanya usai meninjau kesiapan pada Jumat (18/06/2021).

Ganjar Pranowo datang sambil gowes untuk memeriksa dan memastikan kesiapan RSJ tersebut siap digunakan menampung pasien covid-19.

"Jadi setelah kita melihat  situasi, ternyata tempat tidur penuh, Rumah Sakit penuh dan kita mencoba cari jalan yang lain. Umpama ini ada Rumah Sakit Jiwa (RSJ)  Amino Gondo kita konversi," jelas Ganjar Pranowo

Pengkonversian RSJ Amino Gondo Utomo untuk merawat pasien covid -19 sebenarnya sudah dilakukan sejak lama, namun dirinya meminta pada pihak RS untuk menambah kapasitas. Tempat tidur ICU yang saat ini berjumlah 4, Ganjar mendorong agar ditambah lagi. 

"Maka kalau kita bisa nambah, setidaknya di sisi hulu bornya betul-betul kita buat rasionya serendah mungkin," ujar pihak rumah sakit.

Terobosan ini dilakukan Ganjar, untuk mengoptimalkan rumah sakit yang dimiliki Pemprov Jateng guna penanganan covid-19. 

"Ini berkejar-kejaran memang, agar bisa membuat kontijensi plan seandainya ada situasi yang memang tidak bagus," tandas Ganjar.

Direktur RSJ Amino Gondo Utomo Dr Alek Jusran menambahkan, saat ini keterisian pasien covid-19 di rumah sakit ini sekitar 60 pasien. Kapasitas di RSJ Amino sendiri sebanyak 115 bed. jelasnya. (Santo)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama