Pemdes Turi Menyambut Program SDGs, Adakan Bintek Persiapan Pendataan SDGs

Moh. Samsudin pendamping desa dari Kecamatan Jetis saat berikan pemaparan bimtek SDGs 


Jawapes, PONOROGO - SDGs (Sustainable Development Goals) desa, merupakan upaya terpadu dalam mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.


Untuk mewujudkan program tersebut pemerintah Desa Turi, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, bertempat di balai Desa Turi, pada hari Sabtu, (17/04/2021), telah melaksanakan Bimbingan Teknis persiapan pendataan SDGs (Sustainable Development Goals) dengan narasumber Moh. Samsudin, pendamping desa dari Kecamatan Jetis.


"Adapun kegiatan pembekalan dan pelatihan langsung kepada kelompok kerja (Pokja) didalam pelaksanaan pendataan penduduk baik secara manual dan melalui system aplikasi SDGs. Pendataan yang akan dilaksanakan sangatlah penting sehingga tergambar jelas Demografi Desa Turi dan sebagai dasar acuan penggunaan dana desa pada tahun berikutnya", ujar kepala Desa Turi. 


Juga disampaikan oleh Muklis Isngadi, S.Pd. bahwa pelaksanaan program ini merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomer 13 Tahun 2020 tentang prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.


Dengan adanya program tersebut, selaku kepala desa, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung Pelaksanaan Pendataan SDGs Desa Turi, dengan memberikan data yang sebenarnya kepada petugas sehingga kegiatan pendataan dapat berjalan dengan baik.


"Semoga dengan pendataan system SDGs ini bisa mendapatkan data yang akurat, sehingga bisa digunakan sebagai dasar oleh pemerintah desa, daerah, maupun pusat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera". harapanya. (Gst).


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama