Komunitas Jong Situbondo Laksanakan Festival Pendidikan Secara Virtual

Suasana kegiatan festival pendidikan secara virtual oleh komunitas Jong Situbondo

Jawapes, SITUBONDO - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam wadah komunitas Jong Situbondo gelar festival pendidikan secara daring untuk menghindari kerumunan ditengah pandemi Covid-19 di Nine Café, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Kamis (11/2/2021).

Devani Dwi Rachmarena, Mahasiswi Desain Produk ITS angkatan 2018 selaku ketua panitia Festival Pendidikan menjelaskan, kegiatan webinar dan Try Out Online Ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK) dilaksanakan secara virtual untuk menghindari kerumunan pada masa Pandemi. Festival pendidikan yang sudah dimulai sejak tahun 2012 bertujuan agar ada pemerataan informasi tentang masuk ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Sebelum masa pandemi, kegiatan Festival Pendidikan yang dimotori Jong Situbondo dilakukan secara tatap muka,” jelasnya.

Lebih lanjut, kegiatan festival pendidikan, seminar, try out, UTBK, expo virtual, roadshow atau podcast yang disiarkan melalui platform Instagram TV @fespensitubondo dan YouTube channel Festival Pendidikan Situbondo ini, kata Devani, sudah berlangsung sejak bulan Juli 2020.

“Semua kegiatan dikemas secara virtual melalui aplikasi zoom. Untuk kegiatan try out UTBK ini, kita bekerjasama dengan Ghanesa Oprasion dan peserta webinar akan mendapat panduan free lengkap dari tutor-tutornya,” jelas dia.

Devani menambahkan, kelebihan dalam melaksanakan festival pendidikan secara virtual ini adalah peserta dari berbagai daerah luar Kabupaten Situbondo seperti dari Maluku, Bali, daerah Prajekan Kabupaten Bondowoso dan kota lainnya luar kabupaten bisa mengikuti Festival Pendidikan ini.

“Animo siswa yang mengikuti festival pendidikan secara vertual ini, memang lebih besar jika dibandingkan dengan tatap muka secara langsung,” pungkasnya.

Disisi lainnya Andi Kusuma Wardhana (wakil ketua panitia) memaparkan, kegiatan tersebut adalah rangkaian acara yang diinisiasi pemuda-pemudi Situbondo yang terintegrasi dari berbagai wilayah perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan tujuan festival ini yaitu selain mempersiapkan siswa SMA sederajat yang akan meneruskan ke perguruan tinggi, juga pemerataan pendidikan tinggi. Mereka mendapat informasi dalam memilih jurusan serta universitas yang diinginkan.

"Kegiatan terbagi jadi 2 periode. Pertama dilaksanakan sekitar bulan Juli - Agustus 2020. Di periode ini ada 2 acara, Roadshow dan Webinar Pendidikan," papar Andi.

Sedangkan pelaksanaan periode 2 menurut Andi yaitu bulan Januari - Februari 2021.

"Terbagi dalam 2 acara juga, yaitu Expo Virtual dengan tema "Dare To Dream, Break The Limit" dan try out UTBK. Acara Expo Virtual merupakan yang pertama di Situbondo. Adik-adik juga diharapkan dapat berkonsultasi dengan mentor GO baik secara online ataupun offline," ucapnya. (Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama