Sumber Mata Air Jernih Ranu Aeng di Desa Alun Alun Lumajang Jadi Viral

Jawapes Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq bangga dan bersyukur atas anugerah keindahan Ranu Aeng. Hal tersebut diungkapkannya saat mengunjungi
Desa Alun Alun Kecamatan Ranuyoso dan melihat secara langsung obyek wisata dengan mata air yang masih natural serta jernih bersama Forkopimka dan Kepala Desa Alun Alun.

"Sungguh penuh tantangan bila datang ke lokasi Ranu Aeng, dengan kondisi medan yang penuh tantangan dan bebatuan meski harus berjalan kaki turun ke bawah lembah sekitar 40 menit, rasa lelah akan terobati setelah melihat sumber mata air itu," ujarnya.

Berharap nantinya mata air ini bisa
menjadi solusi menuntaskan kebutuhan dan kekeringan air di Kecamatan Ranuyoso. Dengan pembangunan tandon besar di atas bukit yang menarik mata air dengan teknologi pompa, kemudian air di salurkan dengan mekanisme gravitasi.

Pilihan programnya bisa dengan menggunakan mekanisme Pamsimas, dan tentunya semua harus selalu berkoordinasi dengan semua pihak, tuturnya.

Dulhanan selaku Kepala Desa Alun Alun menginginkan pendistribusian mata air dibuat dua saluran air, satu saluran air untuk masyarakat Desa Alun Alun, dan saluran air yang kedua untuk desa lain di Kecamatan Ranuyoso.

"Saya berharap kerja sama semua pihak dari mulai pemuda, tokoh masyarakat, warga Desa Alun Alun agar dapat menyelesaikan misi sosial dan mulia ini cepat terealisasi dan segera dirasakan manfaatnya sesegera mungkin," tandasnya.


(Eko)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama