Rencana Kurangi Angka Pengangguran, Bupati Ajak Investor Garmen

Bupati Ir. H. Achmad Husein bersama Pemilik Perusahaan Garmen Sansan Saudaratek Jaya,  GM. Gunarsa saat tinjau lokasi lahan di Desa Randegan Kecamatan Wangon, Banyumas

Jawapes Banyumas - Ir.H. Achmad Husein Bupati Banyumas, bersama pemilik perusahaan garmen Sansan Saudaratek Jaya meninjau lahan sekitar 44 hektar di Desa Randegan Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, Selasa (4/2/2020). Lahan seluas itu rencananya akan dijadikan kawasan industri garmen di Banyumas.

Bupati mengatakan, tahapan pembangunan kawasan industri ini akan dimulai akhir tahun 2020 dengan meratakan lahan dan membagi setiap blok berdasarkan kondisi tanah dan persil. Setiap blok direncanakan luasnya sekitar 5 Hektar, untuk sekitar 3-4 pabrik garmen.

"Langkah selanjutnya, akan dilakukan pembebasan lahan warga untuk akses jalan menuju ke jalan raya. Ada dua alternatif yakni, melalui Desa Randegan atau melalui Desa Wangon," katanya.

Menurut Bupati, setelah lahan sudah rata dan sudah ada akses jalan maka selanjutnya pihak swasta yang akan membangun pabriknya.

"Jadi sudah ada satu yang sudah mau membangun pabrik garmen yakni, PT. Sansan Saudaratek. Saya minta Pak Gunaras pemilik Sansan untuk mengajak investor lainya supaya membangun pabrik disini," jelasnya.

Sementara itu, General Manager Sansan Saudaratek Jaya Gunaras mengatakan, tertarik untuk membuat pabrik di Banyumas dengan alasan upah yang masih cukup terjangkau. Selain itu disediakan lahan dan juga kemudahan perijinan.

"Di Banyumas upahnya relatif murah, kemudian kita dibantu disediakan lahan. Saya akan mengajak pelaku garmen lainya untuk bangun pabrik di kawasan industri ini," kata Gunaras.

Dengan pembangunan kawasaan industri ini, diharapkan bisa menyerap 10 ribu tenaga kerja dan yang diutamakan berasal dari Banyumas. Kawasan industri garmen ini rencananya akan dihubungkan ruas tol Jogja - Cilacap - Tasikmalaya.(tim)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama