Prestasi Kinerja Ditreskrimum Polda Jatim Sebagai "Terobosan Jogoboyo"


Jawapes Surabaya - Sungguh membanggakan kinerja dari Ditreskrimum Polda Jatim dibawah kepemimpinan Kombes Pol. R. Andrias Pitra Ratulangie, sejak dalam kurun waktu dua bulan pertama di tahun 2020.

Hal ini terlihat saat apel Satuan Kerja (Satker) yang bertempat di parkiran Mako Ditreskrimum Polda Jatim dengan adanya pemberian Reward dan Punishment kepada personil penyidik dan penyidik pembantu jajaran Ditreskrimum Polda Jatim yang berprestasi sebagaimana program Terobosan Jogoboyo (5/1/2020).

Kombes Pol. R. Andrias Pitra Ratulangie Dirreskrimum Polda Jatim mengatakan, pemberian Reward dengan Punishment setiap awal bulan bagi yang berprestasi ini dalam rangka untuk memacu dan memotivasi para penyidik di dalam penyelesaian perkara dan input data E Manajemen Penyidikan (EMP).

Hal ini juga dalam rangka penjabaran salah satu program Pemerintah R.I yaitu sumber daya manusia (SDM) unggul dan juga salah satu program Kapolri Jenderal Idham Azis yakni, "Penguatan Gakkum yang Profesional dan Berkeadilan" dimana target penyelesaian perkara seperti pada Ditreskrimum Polda Sulut secara umum telah mencapai target di atas standart 120 laporan (LP) selesai setiap bulannya, terangnya.

Pitra Ratulangie menambahkan, penilaian terhadap kinerja penyidik dan penyidik pembantu di dalam hal penyelesaian perkara dan input dokumen E - manajemen penyidikan. (Belum termasuk penilaian terhadap kinerja Resmob/Opsnal di dalam hal mengungkap dan menangkap pelaku kejahatan berat yang meresahkan masyarakat).

Ditreskrimum Polda Jatim di dalam pencapaian penyelesaian perkara sejak Nopember hingga sampai Desember 2019 sebanyak 131 LP yaitu Nopember sebanyak 55 dan Desember sebanyak 76, sedangkan di Januari 2020 penyelesaian perkara sebanyak 145 LP, jadi tiga kali lebih baik jika dibandingkan dengan penyelesaian perkara Januari 2019 sebanyak 54 LP, bebernya.


Pitra Ratulangie menjelaskan, Subdit yang terbaik di dalam penyelesaian perkara yaitu Subdit III Jatanras sebanyak 58 LP kemudian Subdit 1 Kamneg sebanyak 30 LP lalu Subdit II Bangtah sebanyak 34 LP selanjutnya Subdit IV Renakta sebanyak 24 LP, sedangkan Unit yang terbaik ialah Unit V Perjudian Subdit III Jatanras sebanyak 20 LP.

Secara perorangan Iptu I Made Arianto, S.H, penyidik yang mampu penyelesaian perkara 2 LP dalam satu bulan berjalan dari penyelesaian perkara melebihi standart yang disepakati 1 LP per-bulan, lanjutnya.

Penyidik yang terbanyak melaksanakan input dokumen EMP ada tiga orang yaitu Kompol M. Aldy Sulaiman, S.I.K, sebanyak 563 dokumen, Iptu I Made Arianto, S.H, sebanyak 550 dokumen dan Aiptu Bambang Santoso sebanyak 533 dokumen, sambungnya.

Pitra Ratulangie menegaskan, jenis reward yang diberikan bagi Subdit terbaik berupa Bendera Macan Reserse dan piagam penghargaan, bagi Unit terbaik diberi hadiah laptop dan piagam penghargaan sedangkan personil penyidik dan penyidik pembantu terbaik secara individu diberi hadiah piagam penghargaan dan piala serta handphone (HP) type samsung A80.

Dirreskrimum Polda Jatim berpesan selamat berkarya dan berprestasi bagi para detektif (Penyidik) Ditreskrimum Polda Jatim, tandasnya.

(Dedy)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama