Giat Upacara HUT Satpam ke - 39 di Mapolres Pacitan

Jawapes Pacitan - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-39, Polres Pacitan, telah dilaksanakan giat upacara di Jl. A. Yani,   Rabu (22/1), pukul 08.00 Wib.

Kapolres Pacitan, AKBP Didik Hariyanto, S.I.K, M,  selaku Inspektur Upacara memimpin langsung jalannya upacara.

Peringatan HUT ke-39 Satpam langsung dihadiri Bupati Pacitan Dr. H. Indartato, MM, Dandim 0801,  Letkol Inf. Nuri Wahyudi, AKBP Didik Haryanto, S.I.K, Anggota DPRD Arif Setyo Budi, Waka Polres Kompol Sunardi, Kabid syariah Bambang, Ka Dirjen Perhubungan Darat Suyono, S.H,. M.H, Jajaran Kabag, Kasat, Kapolsek, Polres Pacitan, Kasipam Rutan Kelas II B Pacitan, Komisaris KPU Koordinator Devisi Hukum Aswika Budi Arfandi, S.H, beserta pimpinan dan perwakilan perusahaan/Perusahaan pengguna Satpam.

Sedangkan, Peserta upacara meliputi anggota TNI-Polri, Satpam, anggota Dishub, dan Satpol PP Kabupaten Pacitan.

Dalam sambutannya, Kapolres Pacitan, AKBP, Didik Hariyanto, S.I.K, M.A.P membacakan amanat Kapolri, Jenderal Idham Azis. Dikatakannya, bahwa momentum ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik. Guna untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas seluruh kinerja yang telah dilakukan selama ini. Dan Ucapan selamat kepada seluruh satuan pengamanan diseluruh Indonesia, yang saat ini berulang tahun yang ke 39. Satpam diharapkan mampu meningkatkan kompentensi diri, baik melalui pendidikan dan pelatihan.

"Bangun komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat serta meningkatkan kerjasama, sinergis dengan jajaran Polri, dan seluruh stakeholders, dalam memelihara stabilitas keamanan dilingkungan kerja. Jadikan momentum ini sebagai pedoman untuk upaya perbaikan dan penyempurnaan dalam rangka mengoptimalkan peran Satpam, sebagai mitra atau perpanjangan tangan Polri,” ucap Didik saat membacakan amanat Kapolri.

Lanjut Dudik, Satpam merupakan sebuah pekerjaan yang dibutuhkan kehadirannya, patut untuk dihargai, serta harus terus ditingkatkan kemampuannya, hal tersebut sesuai tema dalam peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan tahun 2020.

"Satuan Pengamanan yang Berbasis Kompetensi dalam mewujudkan SDM  unggul untuk terciptanya situasi Kamtibmas yang Kondusif dan terjaminnya keamanan kenyamanan  dilingkungan kerja, menuju Indonesia maju," kata Didik. 

Sejak diresmikan oleh Kapolri 39 tahun yang lalu, satuhan pengamanan tersebut telah mendapat pengakuan sah  oleh Kapolri pada masa itu, Jendral Polisi (purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, tersadari bahwa kebutuhan akan adanya rasa aman, tidak hanya mampu diemban oleh pihak Polri semata.

"Satuan pengamanan yang terdiri dari petugas - petugas yang terlatih dan terampil, berperan sangat penting dalam menjaga sentra - sentra perekonomian, sekolah, rumah sakit, tempat - tepat pelayanan masyarakat, sampai instansi pemerintah, sebagai mitra kerja terdekat bagi Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban," lanjut Didik.

Usai menggelar upacara kegiatan dilanjutkan dengan demontrasi tongkat dan borgol dari Satpam PLTU Sudimoro dan pelaksanaan yel - yel dari Saka Bhayangkara.

Beberapa poin penting juga disampaikan dalam amanat Kapolri yang dibacakan dalam peringatan HUT Satpam tersebut. Kepada seluruh personel Satpam ditekankan untuk melaksanakan tugas dengan baik.

“Pesan yang tersampaikan, Senantiasa jaga kesehatan dan keimanan untuk menunjang tugas di wilayah masing - masing. Dan tingkatkan kewaspadaan dalam menghadapi gangguan dan hambatan di wilayahnya serta meningkatkan kerjasama dengan TNI dan Polri serta stakholder di wilayah, agar mampu mengantisipasi berkembangnya gangguan kamtibmas," tuturnya.(tim)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama