Disnaker Situbondo Adakan Pelatihan Dengan Memanfaatkan Bahan Lokal

Didampingi Kabid Penta Disnakertrans Situbondo, Peserta tampak antusias mengikuti pelatihan pembuatan kue dan tumpeng

 

Jawapes, SITUBONDO - Meningkatkan keahlian kerja dan perekonomian masyarakat, H.Abdur Rahman Wakil Ketua DPRD Situbondo Fraksi PPP melalui program jasmas bekerja-sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) adakan pelatihan pembuatan kue dan tumpeng kepada ibu-ibu warga Kecamatan Jangkar, bertempat di kediaman H. Abdur Rahman, Jumat (19/11/2021).


Kabid Penta Disnakertrans Situbondo, Lina Yuriana Soeherman, SH., M.Si., menjelaskan bahwa adanya pelatihan pembuatan kue dan tumpeng, tujuannya untuk meningkatkan kualitas mutu bagi peserta dan menaikkan standard nilai ekonomis. Kemudian dalam pelatihan pembuatan kue, Disnaker mensiasasti menggunakan bahan lokal agar bernilai tinggi, seperti memanfaatkan buah lokal mangga, bunga telang dan tepung singkong. 


"Kelanjutan setelah mengikuti pelatihan, para peserta akan membuat kelompok sentra usaha makanan tradisional dan modern. Jadi nanti kalau ada acara di kecamatan atau daerahnya, bisa jadi pemasok bagian konsumsinya," jelasnya.


Lebih lanjut, bagi peserta yang ingin membuka usahanya secara mandiri seperti catering makanan, tadi instruktur memberikan pembekalan kepada peserta agar produknya bisa dijual dan mempromosikan secara online ataupun konvensional. (Fin)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan