Danlanal Cilacap Melakukan Ziarah Makam Pahlawan ALRI Yang Gugur Saat Perang

    Danlanal Letkol Bambang Marwoto PSC.MS beserta rombongan dan Perangkat Desa Dondong saat ziarah serta tabur bunga

Jawapes Cilacap - Letkol Laut Bambang Marwoto (P) PSC.MS selaku Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut TNI AL Cilacap melakukan ziarah ke makam Pahlawan, Kapten Soewadji Perwira CAII sebagai Gerilya yang gugur di medan pertempuran antara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) dan pasukan Kolonial Belanda pada tahun 1949. Makam tersebut berada di Desa Dondong Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap. 

Danlanal Letkol Bambang mengatakan,  hal ini dilakukan dalam rangka penghormatan kepada Pahlawan yang telah gugur pada waktu itu, di Hari Darma Samudera. Danlanal beserta rombongan disambut para Perangkat Pemerintah Desa Dondong, Ormas Pemuda Pancasila, Banser, Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat Desa setempat, Kamis (14/01/2021). 

Dalam sambutannya Letkol Bambang Marwoto (P) MSC.MS mengatakan, momen ini suatu kebahagian bagi kami Angkatan Laut TNI AL Cilacap karena telah ditemukan salah satu makam anggota ALRI, bahwa beliau tidak dipindahkan namun tetap di Desa ini. Kami dari TNI AL Cilacap mencoba mempertahankan makam ini, almarhum Kapten Soewadji merupakan putra terbaik bangsa yang gugur pada saat pertempuran.

"Bahwa Kemerdekaan ini tidak hanya hasil dari TNI saja, tetapi masyarakat juga ikut membatu perjuangan untuk kemerdekaan. Dengan ditemukannya makam ini, kami dapat merawat sebagai kepanjang tangan dari AL Cilacap. Dan ditempat lainpun masih banyak makam Pahlawan Kemerdekaan yang belum ditemukan, bahkan ada makam Pahlawan yang namanya tidak dikenal, ungkapnya. 

Lanjut Kolonel, di masa pandemi kita alami saat ini tentunya berjuang melawan wabah penyakit covid 19 dengan mematuhi protokol kesehatan, yaitu 3M diantaranya adalah Menjaga jarak, Memakai masker dan Mencuci tangan. Semoga warga masyarakat tetap sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan ini, Lanal Cilacap yang turut mengawal Letkol Laut Bambang Marwoto PSC.MS adalah Kapten Laut Eko Budi S, Kapten Laut Danar Prasetyo, Kapten Tubagus Gunawan, Kapten Laut Eko Wartono dan Kapten Wijaya serta anggota AL Cilacap lainnya.

    Kepala Desa Dondong, Suratman bersama Danlanal Letkol Laut Bambang Marwoto PSC.MS

Pada ziarah ini Kepala Desa Dondong Suratman menyampaikan, ucapan terima kasih dan merasa haru ada Pejabat AL Cilacap hadir secara langsung di desa kami yaitu Danlanal beserta anggotanya. Diceritakan pada masa itu, ayahnya adalah seorang Komandan Ansor dan menurut cerita dari tokoh masyarakat bahwa ada 2 anggota ALRI yang disembelih oleh Kolonial Belanda.

"Betapa senang dan bahagia pada hari ini, telah dipugar Makam Pahlawan yang berada di Desa Dondong, ini merupakan sejarah desa dan sebagai pengingat terjadinyaperang di tahun 1949. Dalam peristiwa itu konon ada salah satu tokoh masyarakat yang ikut serta berperang dari Desa Dondong bernama Syamsuri, merupakan pemuda yang telah gugur pada saat perang terjadi," ungkap cerita Suratman saat sambutan.(SoN)

join

join


kali berita ini telah dibaca

Post a comment

0 Comments

wa