Pemdes Semampir Kebumen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat Melalui Berbagai Inovasi Program

Kades Semampir Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen, Alifaturohim dalam bincang program-program desanya


Jawapes, KEBUMEN - 
Guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa Semampir Kecamatan Buayan melakukan perbaikan melalui berbagai inovasi seperti pelayanan digitalisasi dan administrasi pelayanan minimal desa serta pemberdayaan terhadap masyarakat. Hal itu bertujuan agar pelayanan yang disajikan lebih cepat, transparan, akuntabel serta mudah diakses oleh warga Desa Semampir.

Kepala Desa Semampir, Alifaturohim menyampaikan, untuk terus berkomitmen mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dan menekankan pentingnya kehadiran serta aksesibilitas Perangkat Desa bagi warga. 

"Kami siap melayani masyarakat 24 jam dan selalu menginstruksikan kepada seluruh Perangkat Desanya agar siapa siaga memberikan pelayanan kepada masyarakat, bahkan pada hari libur sekalipun," tegasnya kepada awak media, Sabtu (29/11/2025).

Bahwa prinsip yang dipegang teguh adalah keberadaan Perangkat Desa semata-mata untuk melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat Desa, hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Desa Semampir dalam memberikan pelayanan prima dan responsif terhadap kebutuhan warga. 

"Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan administrasi serta mendapatkan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Kantor Desa menjadi pusat pelayanan terpadu yang memudahkan masyarakat dalam berurusan dengan Pemerintahan Desa," ujar Kades Ali.

lebih lanjut , Ali menjelaskan, bahwa pelayanan administrasi agar dilakukan secara cepat dan tepat. Jangan mengulur waktu, karena kita ingin pelayanan kita prima dan untuk surat menyurat jangan sampai masyarakat lama menunggu.

"Mulai saat ini, kita juga sudah menggunakan Digitalisasi Desa atau Desa Digital. Masyarakat sudah bisa mengajukan permohonan surat melalui Handphone (Hp) dari manapun, sampai di Kantor Desa bisa langsung diambil," jelasnya.

Selain itu, Kades Ali mengatakan, bahwa semenjak dirinya menjabat sebagai Kepala Desa Semampir, program yang dilakukan yakni "Semampir Gemar Bersedekah' (SGB) seperti pelayanan ambulance gratis bagi seluruh warga yang membutuhkan dan menjalankan santunan bagi anak yatim piatu sejumlah 14 anak sebesar Rp. 200.000 setiap bulannya. Tidak hanya disitu, apabila ada warganya yang sakit dan masuk rumah sakit maka di berikan santunan sebesar Rp. 200.000 sebagai tali asih kami.

"Saya berharap, melalui kegiatan ini dapat mengurangi beban masyarakat. Dan masyarakatnya juga diharapkan lebih kompak demi memajukan Desa Semampir," ungkapnya.(Haidir/Eko)

Baca Juga

View

Post a Comment

Hi Please, Do not Spam in Comments

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan