Dekatkan Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat, Puskesmas Panji Laksanakan Inovasi Pendekar Panji Utama

Puskesmas Panji memberikan layanan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat Ardirejo melalui inovasi Pendekar Panji Utama 

Jawapes, SITUBONDO - Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. UPT Puskesmas Panji kembali melaksanakan layanan inovasi Pendekar Panji Utama (Pendekatan Pelayanan Kesehatan di Panji untuk Anda dan Masyarakat) pada wilayah kerjanya. Salah satunya saat ini memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat Kelurahan Ardirejo, di Posyandu Melati, Selasa (11/6/2024).


Dikonfirmasi awak media di sela-sela pemeriksaan kesehatan, Robiatul Adawiyah selaku penanggung-jawab program pada Puskesmas Panji menjelaskan, kegiatan inovasi Pendekar Panji Utama bertujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan Puskesmas Panji kepada masyarakat. Jadi petugas kesehatan Puskesmas Panji langsung turun ke wilayah-wilayah untuk melakukan layanan pemeriksaan kesehatan. Terutama pemeriksaan faktor resiko penyakit tidak menular (PTM). Seperti tersedia layanan pemeriksaan umum berupa pengecekan gula darah, kolesterol, asam urat, pengukuran tinggi dan berat badan.


"Dalam inovasi ini juga ada layanan pemeriksaan laborat, skrining untuk persiapan operasi katarak, penyuluhan kesehatan hingga pemeriksaan dokter, lalu ada konseling gizi, skrining kusta dan menyediakan pengobatan gratis bagi pasien. Rata rata hari ini pasien yang hadir kebanyakan mengecek tekanan darah tinggi," jelasnya.


Lebih lanjut, Wiwik (sapaan akrabnya) mengatakan, terkait skrining mata memang difokuskan untuk pelaksanaan bakti sosial operasi katarak program soca terak.


"Jadi skrining ini untuk membantu menjaring calon pasien operasi katarak program soca terak," terangnya.


Dalam kesempatan itu Lurah Ardirejo, Joko menyampaikan, layanan inovasi Pendekar Panji Utama merupakan kegiatan yang luar biasa karena salah satu pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kecamatan Panji. Kebetulan sekarang dilaksanakan di Posyandu Melati. Tentunya masyarakat Ardirejo sangat antusias untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan ini yang diinisiasi oleh Puskesmas Panji. 


"Puskesmas Panji sudah melakukan langkah-langkah yang tepat sekali. Mudah-mudahan kegiatan inovasi ini bisa terus berkesinambungan," harapnya.


Menurutnya, selama ini sinergitas antara Puskesmas Panji dan Pemerintah Kelurahan Ardirejo sangat kuat dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Khususnya layanan di seluruh Posyandu yang ada pada wilayah Kelurahan Ardirejo. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama