Ratusan Pesepeda Dari Berbagai Daerah Ikuti Tour Of Baturraden 2024

Ratusan pesepeda ramaikan event Tour Of Baturraden 2024.

Jawapes, BANYUMAS - Ratusan pesepeda dari berbagai Provinsi di Indonesia dan dari Manca Negara mengikuti event Sepeda Nasional yang bertajuk Tour Of  Baturraden 2024. Mereka dilepas oleh Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, dari Start Menara Pandang Teratai di Jl. Bung Karno Kota Purwokerto, Sabtu pagi (25/5/2024) dengan rute sepanjang 128 KM. 

Event sepeda ini kerjasama antara komunitas sepeda Bekatesese Jakarta dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Banyumas.

Ketua Panitia Tour Of Baturraden sekaligus Ketua Umum Bekatesese  Indro Purwanto mengatakan, wilayah Banyumas memiliki panorama yang indah. Selain itu juga memiliki jalan yang bagus untuk digunakan sebagai ajang balap sepeda maupun sepeda santai, untuk itulah pihaknya yang berasal dari komunitas sepeda Jakarta (Bekatesese) ingin memperkenalkan pariwisata sekaligus berolahraga di Banyumas. 

"Kenapa kita selenggarakan di Purwokerto Kabupaten Banyumas, karena goes disini ternyata pemandanganya bagus. Selain itu jalannya bagus, kita ingin pesepeda lainnya di Indonesia mengetahui. Kalau selama ini paling banyak event sepeda di Jogja, kita ingin bawa ke Purwokerto," kata Indro.

Sementara itu Ketua ISSI Kabupaten Banyumas Daryono mengatakan, bahwa pihaknya digandeng penyelenggara untuk membantu sejumlah keperluan. Diantaranya membuat atau menentukan jalur yang akan dilalui yakni sepanjang 128 KM.

"Kita saling kerjasama, agar event ini sukses. Karena ini juga bagian mempromosikan wisata Banyumas," ucapnya.

Untuk mempersiapkan event ini, Bekatesese sudah melakukan survey dan persiapan sejak awal tahun 2024. Termasuk meminta izin kepada ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) dalam penyelenggaraan Event Nasional ini.

Peserta akan menyelusuri wilayah Kota Purwokerto dan wilayah Kabupaten Banyumas, dengan titik Finish berada di Safari See to Skay Baturraden. Balapan ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Jagal Demit (Race 128 Km, 1.840 Meter Elevation Gain) dan Gontai (Non-Race 105,84 Km, 1.107 Meter Elevation Gain).

Dalam balapan ini, Panitia memberikan total hadiah sebesar Rp. 100 Juta untuk pemenang pada kategori Jagal Demit dengan nomor Elit Atlet dan kelompok umur pria dan wanita.(JP.K-3)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama