Beri Kesempatan Sampaikan Aspirasi, DP3APPKB Gelar Musrenbang Anak

Pelaksanaan musrenbang anak yang diselenggarakan oleh DP3APPKB Situbondo

 

Jawapes, SITUBONDO - Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo gelar Musrenbang Anak Tahun 2024, bertempat di Aula Gedung PKK Situbondo, Rabu (15/5/2024).


Dikonfirmasi awak media usai acara, Kepala DP3APPKB Kabupaten Situbondo, H. Imam Darmaji menyampaikan, Musrenbang anak yang digelar saat ini bisa diakomodasi dalam program kegiatan APBD Kabupaten Situbondo. Pada kegiatan musrenbang ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menyampaikan aspirasinya. Seperti apa yang dibutuhkan oleh anak-anak. Dalam artian berkaitan dengan kebijakan yang harus dilakukan oleh pemerintah kabupaten. Misalnya bidang pendidikan dan kesehatan, apa yang mereka butuhkan. Sehingga dari berbagai aspirasi kebutuhkan yang disampaikan akan terangkum dan disampaikan kepada bupati, serta Bappeda. Jadi aspirasi tersebut bisa diakomodasikan pada APBD tahun berikutnya.


"Musrenbang ini untuk melatih keterampilan anak-anak. Bagaimanapun anak-anak yang hadir dalam acara ini rata-rata adalah pelajar SMP dan SMA. Disini melatih anak-anak untuk menyampaikan pendapatnya. Sehingga mereka terbiasa dalam forum-forum diskusi,'' ujarnya.


Lebih lanjut Kepala DP3APPKB, Imam Darmaji mengatakan, bahwa kegiatan musrenbang anak akan rutin dilaksanakan sebelum musrenbang perencanaan pembangunan di Kabupaten Situbondo. Sama halnya dengan musrenbang pada umumnya, tahapan dilangsungkan musrenbang anak seharusnya di tingkat desa lalu tingkat kecamatan hingga kabupaten. Namun karena keterbatasan SDM dan anggaran, maka baru bisa terlaksanakan di tingkat kabupaten.


Pantauan awak media pelaksanaan acara ini dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Situbondo, Sugiyono sebagai narasumber. Lalu pesertanya diikuti oleh forum anak, perwakilan siswa-siswi dari tingkat SMP dan SMA, duta genre, duta kesehatan remaja serta beberapa elemen perwakilan lembaga anak yang ada di Situbondo. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama