Anggota DPRD Heri Noviadi Bersama DP3APPKB Adakan Pelatihan Bagi Ibu-ibu

Kepala DP3APPKB dan anggota DPRD Heri melakukan sesi foto bersama peserta pelatihan usai penyerahan simbolis peralatan masak

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo bekerja-sama dengan anggota Komisi I DPRD, Heri Noviadi melalui pokok-pokok pikiran (Pokir) mengadakan pelatihan memasak kue selama dua hari. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala DP3APPKB Situbondo, H. Imam Darmaji, Sabtu (25/5/2024) di Aula Gedung Serbaguna KPRI Sentosa, Desa/Kecamatan Asembagus.


Kepala DP3APPKB Situbondo menjelaskan, kegiatan pelatihan memasak kue ini merupakan pokirnya milik Heri Noviadi anggota DPRD Situbondo, dan pelaksanaannya bekerja-sama dengan DP3APPKB. Lalu, jumlah pesertanya sebanyak 50 orang, yang diikuti oleh ibu-ibu warga Asembagus dan Banyuputih. Ia berharap seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan memasak kue dengan baik, sehingga mampu menyerap ilmu-ilmu yang diberikan oleh instruktur. Berikutnya setelah memperoleh ilmu dari pelatihan tersebut, harapannya ibu-ibu peserta ini bisa langsung mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu untuk keluarga maupun pengembangan usaha kulinernya.


"Jadi setelah pelatihan ini, peserta bisa praktek membuat kue dan menjual hasil produksinya ke pasar. Sehingga bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarganya. 

Selain mendapatkan keterampilan dan ilmu, ibu-ibu peserta pelatihan juga dapat bantuan peralatan masak yang dibutuhkannya agar lebih efektif. Jadi kegiatan pelatihan ini sebagai salah satu bentuk pemberdayaan terhadap perempuan," ujarnya.


Sementara itu saat dikonfirmasi awak media, Heri Noviadi anggota DPRD dari partai Gerindra mengatakan, pelatihan memasak kue yang diselenggarakan selama dua hari oleh DP3APPKB ini, diharapkan ilmunya bisa bermanfaat untuk ibu-ibu peserta. Yaitu untuk meningkatkan keterampilan dan taraf ekonomi, yang nantinya bisa ditingkatkan menjadi usaha UMKM. Pesertanya mayoritas adalah ibu-ibu warga Asembagus, dan ada sebagian dari Banyuputih. Ada beberapa peserta yang sudah menjadi pelaku usaha UMKM, dan mayoritas adalah ibu rumah tangga. Mereka saat ini berproses untuk belajar dengan mengikuti pelatihan memasak kue.


"Kegiatan pelatihan ini adalah program Pokir milik saya dan bekerja-sama dengan DP3APPKB Situbondo. Dari hasil reses beberapa waktu yang lalu, ada sebagian masyarakat yang menginginkan untuk diadakan pelatihan. Makanya kita serap dan disalurkan melalui program Jasmas," ungkapnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama