DPC Aptrindo Kota surabaya Menyelenggarakan Sertifikasi Pengemudi Angkutan Petikemas bersama Pengusaha Angkutan Barang


Jawapes Surabaya, - DPC Aptrindo Kota surabaya gelar Sertifikasi Uji Kompetensi Pengemudi Angkutan Petikemas bersama  pengusaha angkutan barang yang tergabung di dalam Aptrindo. Hal ini sebagai langkah aptrindo dalam mendukung langkah pemerintah, dengan adanya sertifikasi tersebut pengemudi bisa memahami tata cara dalam menngendalikan mobil terutama pada angkutan barang.


Uji kompetensi pengemudi yang di ikuti langsung oleh 40 peserta driver terdiri dari 8 perusahan, perusahaan tersebut juga tergabung di Aptrindo. Penguji langsung di uji oleh lembaga uji BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi ) yang di tunjuk pemerintah sebagai penguji berdasarkan aturan perundang - undangan yang berlaku.


Kegiatan uji sertifikasi di selenggarakan bertempat halaman pergudangan osowilangon permai 61, block A26 di buka langsung oleh I Wayan Sumadita, S.T., M.pd selaku ketua Aptrindo DPC Kota Surabaya.


Pentingnya Uji kompeten pengemudi juga di sampaikan oleh Ir.suparno, M.T selaku direktur lembaga sertifikasi profesi angkutan barang BNSP ," Driver atau pengemudi bukan hanya modal untuk memiliki SIM (surat ijin mengemudi) , namun harus memahami tata cara keselamatan di jalan hingga apa yang di lakukan pada saat menjalankan profesi sebagai pengemudi bisa melaksanakan dengan baik dan tidak ugal - ugalan di jalan," Paparnya Sabtu, 27 April 2024. Pagi.


Melalui uji sertifikasi peserta uji tentunya bukan sekedar mendapatkan Sertifikat kelayakan sebagai pengemudi, di dalam pelaksanan ini ada 3 indikator penting yang perlu di ketahui oleh pengemudi termasuk; 

1 . Skil 

2. Atitude (etika) dalam membawa motor, bagai mana pengemudi menghormati pengendara motor. Kecelakaan di awali dalam etika pelanggaran.

3. Ilmu pengetahuan teknologi. 


" Pentingnya dalam menurunkan kecelakan di jalan, serta mengarah UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas agar dapat di mengerti di pahami para pengemudi angkutan barang, sehingga sertifikasi inilah bisa membentuk pengemudi yang handal dan teruji," Jelasnya Ir.Suparno.


Di tempat yang sama Arief Tejo Sumartono, S.E mewakili pengurus Aptrindo, semakin sering kali mengadakan uji sertifikasi maka semakin banyak di keuntungan bagi para pengusaha dan perusahaan, tidak ugal - ugalan pengemudi di jalan juga bisa menjadikan keamanan barang angkutan maupun kerusakan yang di bawa pengemudi lebih berhati - hati. Maka dari itu di perlukan Pengemudi sudah lulus uji dan memiliki setifikat uji kompeten,  sehingga layak untuk dipekerjakan. 


" Tentunya secara berjenjang DPC Aptrindo kota Surabaya terus menggelar kegiatan ini untuk melahirkan pengemudi yang kompeten suda lulus uji sertifikasi," Ujarnya.

(Rd82)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama