PPK Susukan Utamakan penguasaan Materi Pada Peserta Bimtek KPPS

Bimtek anggota KPPS oleh PPK Susukan.

Jawapes, Banyumas - PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Susukan melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) anggota KPPS nya selama 4 hari mulai tanggal 26 sampai dengan tanggal 29 Januari 2024 Pukul 09.00 Wib sampai 17.00 Wib digedung serbaguna Pemdes Kedawung Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.

Acara tersebut di hadiri oleh 1334 anggota yang terlantik dari 192 TPS di tanggal 25 Januari 2024 di 15 desa wilayah Kecamatan Susukan dengan materi terkait tata cara pelaksanaan Pemilu yang digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua PPK Kecamatan Susukan Warsono menjelaskan, pelaksanaan Bimtek anggota KPPS di Desa Kedawung adalah pelaksanaan kedua.

"Pelaksanaan Bimtek ini mulai tanggal 26 sampai 29 Januari selama 4 hari dan di bagi menjadi 4 sesi dengan jumlah masing-masing sesi ada 336 orang yang di ikuti oleh jumlah desa berbeda-beda. Hari pertama dua desa, hari kedua ada 3 desa, hari ketiga 4 desa dan yang terakhir itu ada 6 desa. Total ada 1344 peserta untuk Bimtek, sementara untuk kegiatan ini memang untuk materi semuanya dari PPK," jelas Warsono kepada awak media, Jumat (26/01/2024).

Adapun materi untuk para peserta Bimtek terkait pekerjaan untuk tata kerja KPPS tersebut, Ketua PPK menyampaikan, bahwa materi pokoknya adalah tentang penghitungan suara dan cara menggunakan aplikasi sirekap.

"Materi utama ada pemungutan dan penghitungan suara kemudian Bimtek aplikasi sirekap yang nanti akan di pakai pada saat penghitungan hasil di TPS masing-masing, dan nanti di operatori oleh dua orang anggota KPPS di masing-masing TPS. Itu merupakan hal baru yang belum pernah ada di Pemilu sebelumnya," terangnya.

Yang paling penting adalah teman- teman KPPS ini paham dengan tugas antara KPPS satu dengan KPPS tujuh dan paham, bagaimana cara memasukan C hasil kepada atau C plano. Dengan plano biar nanti tidak ada kesalahan penginputan di si rekap, karena itu bisa keliru dan tidak akan terbaca di aplikasi ini, hal itu akan lebih menghambat lagi," tambahnya.(Baskoro)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama