Pelaksanaan kegiatan Pelantikan Anggota KPPS Kecamatan Susukan Banjarnegara


Jawapes Banjarnegara,- Pelantikan serta pengukuhan dan pengesahan anggota KPPS secara resmi sudah terbentuk, di wilayah Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara dari 13 desa, kegiatan pelantikan ini di bagi dua  pelaksanaan untuk Desa Susukan, Kemranggon, Brengkok, Karang Salam, Piasa wetan, Panarusan wetan, Panarusan kulon dan Pakikiran, untuk acara pelantikan di mulai pada jam 09.00 WIB, dan Desa Dermasari, Kedawung, Gumelem wetan, Gumelem kulon, Berta dan Derik, Kamis (25/01/2024).


Pelantikan di mulai pada jam 13.00 WIB, secara akumulasi jumlah TPS dan anggota PPS di kecamatan tersebut terhitung untuk total keseluruhan sejumlah 192 TPS, Jumlah total 1334 peserta ter lantik, di giat acara pelantikan serta pengukuhan anggota KPPS berisi pembacaan SK dari KPU, prosesi pelantikan , penanda tanganan, pembacaan pakta integritas beserta penanda tanganan, Menyampaikan sambutan dari KPU RI, secara simbolis pena naman pohon.



Salah satu Desa di kecamatan Susukan yang dalam pelaksanaan  giat acara pengesahan dan pelantikan Anggota KPPS nya adalah Desa Susukan,untuk TPS di wilayah tersebut ada 12 TPS dengan jumlah anggota yang hadir sebanyak 84 dilantik, hal ini di terang kan oleh Suwarto umar fahrudin selaku ketua PPS di desa tersebut  mengatakan bahwa untuk penyelenggaraan pemilu 2024 di desa Susukan sudah di persiapkan dengan matang untuk pem bentukan KPPS sampai pelantikannya. 

"Alhamdulilah kita sudah mempersiapkan sesuai arahan dari KPU, trus sudah kami persiapkan untuk giat hari ini, untuk giat desa Susukan dan anggota yang baru di lantik akan bekerja sesuai dengan ketentuan perundang undangan, kemudian kode etik penyelenggaran pemilu sesuai dengan perundang undangan, profesional berintegritas dan bertanggung jawab, semoga kita mendapatkan kekuatan dan mendapatkan rido dari Alloh SWT, "katanya.


Ketua KPPS desa Susukan juga menerangkan untuk anggaran operasional untuk kegiatan pelantikan sampai Bimtek di 12 TPS kali 7 berarti 84 anggota PPS. 

"Banyak ya... Sudah ada pan lak dalam satu tahun ini, untuk anggaran langsung dari KPU  ya melalui rekening terkait anggaran, ada pelantikan, Bimtek melalui kegiatan kali ini, anggaran untuk even ini 8 juta 692 ribu untuk 12 TPS, dan setiap TPS kan ada 7 berarti jumlahnya ada 84 anggota anggota KPPS, untuk linmas keamanan 12 kali dua jadi 24 untuk anggarannya belum, kalau logistik lagi di persiapkan, kan sudah di persiapkan dari kabupaten di siapkan pada hari H nya tentu, antara H min 5 apa 4 hari dari Kabupaten, ke PPK kecamatan trus PPK kecamatan ke PPS, "terangnya.


Sementara itu ketua PPK Kecamatan setempat warsono saat di temui oleh awak media di desa Gumelem wetan, mejelaskan terkait acara pelantikan secara serentak untuk anggota KPPS yang di laksanakan seluruh Indonesia. 

"Untuk acara hari ini kita mengadakan kegiatan untuk pelantikan anggota KPPS secara serentak, secara nasional yang di laksanakan di seluruh Indonesia, dan untuk kali ini di desa Gumelem wetan dan alhamdulilah di laksanakan dengan baik dan lancar, tidak ada halangan apa apa dan di ikuti oleh seluruh anggota KPPS di wilayah Gumelem wetan dengan jumlah anggota 31 TPS dengan beranggotakan 217 orang yang di lantik hari ini, "Jelas warsono


Ketua PPK kecamatan  menambahkan untuk perihal simbolis penanaman pohon dan juga terkait anggaran kegiatan pelantikan anggota KPPS di kecamatan Susukan. 

"Untuk penanaman pohon ini secara nasional dan ini tercatat pula di MURI di Indonesia saat ini penanaman pohon serentak terbesar di tanggal 25,kecamatan Susukan untuk teknis pelaksanaan ini langsung ke penyelenggara di tingkat desa, jadi langsung ke rekan rekan PPS tingkat desa tidak melalui PPK, "tambahnya.


Kunjungan dan tinjauan dari KPU Kabupaten Banjarnegara di Desa Berta di benarkan oleh Sabar ketua KPPS nya. 

"Satu kecamatan kan ada kunjungan dari KPU satu desa kecamatan Susukan di jatah di desa Berta, tadi memberikan pembekalan juga terkait dengan penguatan penguatan, tugas dan kewajiban KPPS, dan nanti setelah ini ada penanaman pohon, " Pungkasnya. 

(Baskoro)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama