Tingkatkan Pengetahuan dan Kompetensi Pemandu Wisata Dirgantara Paralayang, Disparpora Gelar Pelatihan

Sekdakab Situbondo didampingi Kepala Disparpora saat melakukan sesi foto bersama peserta pelatihan


Jawapes, SITUBONDO - Upaya peningkatan kapasitas masyarakat dan pelaku usaha pariwisata. Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Situbondo gelar pelatihan kepemanduan wisata dirgantara paralayang Tahun 2023 selama empat hari. 


Kegiatan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Sekdakab Situbondo Wawan Setiawan yang turut dihadiri puluhan peserta terdiri dari KONI, bidang olah-raga, pengurus FASI, duta wisata dan atlet serta pengurus paralayang, Senin (18/12/2023) di Hotel Sido Muncul 1, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan.


Dalam sambutannya Wawan Setiawan mengatakan, kegiatan ini untuk memajukan olah-raga dirgantara paralayang dan membuka lembaran prestasi kedepannya. Kemudian dalam rangka mengkampanyekan dan menghidupkan pariwisata yang ada di Kabupaten Situbondo. Selanjutnya dalam upaya mengembangkan pariwisata dan untuk bisa membangun, tentunya tidak cukup hanya dengan memanfaatkan potensi alam yang tersedia. Tetapi juga dibutuhkan SDM yang memiliki komitmen, semangat, kreatifitas dan bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bersama.


"Kami ucapkan terima-kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih oleh tim paralayang Kabupaten Situbondo karena mendapat medali perak pada Porprov Jatim 2023. Ini merupakan suatu hal yang luar biasa," ungkapnya.




Ditempat yang sama saat dikonfirmasi awak media, Kepala Disparpora Kabupaten Situbondo Tutik Margiyanti menjelaskan, pelatihan ini baru pertama kali dilaksanakan. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi para pemandu wisata dirgantara paralayang, agar dapat memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang kepemanduan wisata dirgantara paralayang.


"Alhamdulillah di Kabupaten Situbondo ini punya banyak potensi. Baik potensi di udara, darat maupun laut yang berpotensi untuk kegiatan sport tourism. Dengan potensi tersebut tentunya kami ingin mengembangkan di sektor pariwisata ataupun keolahragaan. Tidak hanya mengembangkan dari potensi yang ada, tetapi SDM juga harus ditingkatkan," ujar Tutik Margiyanti 


Lebih lanjut Kepala Disparpora Situbondo mengatakan, adanya olah-raga ini harapannya pariwisata bisa berkembang. Dengan tourism berkembang, tentunya para pemandu wisata dirgantara paralayang harus memiliki kompetensi dengan memanfaatkan kesempatan mengikuti pelatihan ini.


Sementara itu, Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Situbondo Hadi Prianto menyampaikan, ucapan terima-kasih kepada Disparpora yang sudah berinisiatif mengadakan program pelatihan kepemanduan wisata dirgantara paralayang. Di Kabupaten Situbondo ini memiliki potensi sport tourism. Menurut dia, sport tourism perlu SDM yang memadai. Yaitu bagaimana cara memandu wisata, artinya mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan ramah agar mereka bisa berwisata dan olahraga dengan nyaman.


"Kegiatan pelatihan seperti ini menjadi hal penting untuk meningkatkan SDM dalam pariwisata. Pada ajang Porprov Jatim Tahun 2023, atlet paralayang kita untuk kelas beregu puteri meraih juara dua. Alhamdulillah itu sebagai prestasi awal kita. Di Tahun 2024 mudah-mudahan Kabupaten Situbondo bisa menjadi tuan rumah liga Jatim cabor paralayang," harapnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama