Peresmian pengoperasian Sky Bridge, CS serta ruang tunggu Eksekutif Stasiun Purwokerto.
Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai komitmen KAI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan kenyamanan yang lebih baik.
Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan, pengoperasian Sky Bridge, Customer Service Loungue serta Ruang Tunggu Eksekutif Serayu sebagai realisasi menyelesaikan pengembangan di Stasiun Purwokerto untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
"Fasilitas yang lama di Stasiun Purwokerto sebenarnya masih bagus, namun ruangannya sudah tidak memadai lagi karena jumlah penumpang hariannya sudah mencapai 11.000-12.000 orang. Dan di masa-masa seperti sekarang ini harus kita antisipasi sehingga kita bangun Sky Bridge dan customer Service Longue bisa melakukan boarding di sini dengan Face Recognition," katanya.
Didiek juga menambahkan, bahwa selain ruang tunggu yang memadai, gedung baru tersebut juga dilengkapi fasilitas untuk penyandang Disabilitas berupa lift prioritas dan eskalator. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, KAI ingin memberikan pengalaman baru kepada seluruh pelanggan.
"Kami berharap, kolaborasi yang kita bangun antara Kereta Api dan Pemerintah Daerah serta seluruh Stakeholder bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Purwokerto karena moda transportasi massal Kereta Api tetap menjadi pilihan masyarakat Purwokerto," imbuhnya.
Sementara itu Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Banyumas Junaidi menyampaikan, ucapan terima kasih atas berbagai fasilitas baru yang dibangun KAI dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
"Harapannya masyarakat lebih senang menggunakan Kereta Api, pelayanannya lebih meningkat kemudian juga dalam rangka untuk meningkatkan wisata yang ada di Banyumas," tuturnya.
Kabupaten Banyumas memiliki banyak potensi wisata seperti Baturraden, termasuk kearifan lokal, budaya dan sebagainya. Ia mengharapkan dengan adanya fasilitas baru yang dibangun KAI di Stasiun Purwokerto, kunjungan wisatawan ke Banyumas semakin meningkat.
Sementara Komisaris PT KAI (Persero) Diah Natalisa mengaku bangga atas komitmen Dirut KAI beserta Jajaran yang benar-benar mengedepankan komitmen untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat.
"Berbagai perbaikan infrastuktur telah dilakukan. Hari ini ada Sky Bridge, CS Counter, Ruang Tunggu Eksekutif dan yang sangat membanggakan adalah Inklusifitas dalam artian memperhatikan bagaimana kebutuhan pelanggan termasuk teman-teman dari kelompok rentan," ungkapnya.
Dia mengharapkan, Kereta Api selain sebagai sarana transportasi juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan agar masyarakat semakin mencintai PT. KAI (Persero).
Dalam keterangannya, untuk pembangunan Sky Bridge dan Customer Service Counter dimulai pada 9 Desember 2022 dan berhasil diselesaikan pada 10 Desember 2023. Bangunan Sky Bridge ini merupakan akses penghubung antara bangunan loket dan layanan pelanggan baru atau Customer Service Counter dengan ruang tunggu zona 2 berupa bangunan kaca.
Sky Bridge tersebut memiliki panjang 36 Meter dan lebar 6 Meter serta dapat menampung lebih kurang 100 orang, kemudian bangunan tersebut dilengkapi dengan fasilitas lift sebagai akses penumpang Disabilitas, dan eskalator yang menghubungkan lantai 2 dan lantai 1 Ruang Tunggu zona 2 bangunan kaca.
Sedangkan Customer Service Counter merupakan gedung pelayanan loket dan Customer Service baru yang mengusung konsep modern minimalis dengan luas ruangan ±60 M². Gedung ini dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti ruangan penyejuk udara (AC), sofa, charger corner dan TV media informasi KA.(JP.K-3)
Pembaca
Posting Komentar