Pemberdayaan Perempuan, Ningsih Anggota DPRD dan DP3APPKB Bersinergi Gelar Pelatihan

Kepala DP3APPKB Situbondo berikan sambutan dan sekaligus menutup acara pelatihan olahan kue

 

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo secara resmi menutup acara pelatihan olahan kue yang telah terselenggara selama dua hari di Aula Tritera, Desa Trigonco, Kecamatan Asembagus, Jumat (10/11/2023).


Pantauan awak media, kegiatan pelatihan tersebut ditutup langsung oleh Kepala DP3APPKB Situbondo, H. Imam Darmaji, yang turut dihadiri anggota DPRD Situbondo Ningsih dari PDI Perjuangan, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Keseteraan Gender DP3APPKB, Wawiek Widiarti beserta staff, instruktur pelatihan dan puluhan peserta.


Dalam sambutannya, Kepala DP3APPKB Situbondo, Drs. H. Imam Darmaji mengatakan, pelatihan olahan kue ini merupakan program jasmas milik anggota DPRD Situbondo, Ningsih dan pelaksanaannya bekerja-sama dengan DP3APPKB. Selain mendapat keterampilan dan ilmu, ibu-ibu peserta juga dapat bantuan peralatan masak yang dibutuhkannya. Perlu diketahui, pelaksanaan pelatihan ini sebagai salah satu upaya pemberdayaan perempuan untuk keseteraan gender di bidang ekonomi. Peserta selama pelatihan diberi keterampilan pengolahan aneka kue oleh instruktur, sehingga nantinya mereka diharapkan mereka mampu berwirausaha secara mandiri untuk membantu ekonomi keluarganya.


"Hari ini kegiatan pelatihan olahan kue resmi kami tutup. Setelah pelatihan ini, kami akan monitoring perkembangan ibu-ibu peserta. Jadi diharapkan mereka (peserta) agar membentuk kelompok untuk memudahkan kami dalam melakukan pembinaan," ujarnya.



Sementara itu saat dikonfirmasi awak media usai acara, anggota DPRD Situbondo Ningsih, MS mengatakan, tujuan diadakan kegiatan pelatihan ini yang pertama adalah untuk pemberdayaan perempuan, khususnya di sektor ekonomi. Artinya bagaimana kaum perempuan ini mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan pendapatan ekonomi keluarganya. Kedua, meningkatkan peran perempuan dan kapasitas pengetahuan agar mereka bisa berkiprah secara luas ditengah masyarakat. Ketiga, mengajak kaum perempuan untuk berperan aktif dalam mengawal aspirasi masyarakat. 


"Saya selaku anggota DPRD dari fraksi PDI Perjuangan saat ini melaksanakan pelatihan melalui program jaring aspirasi masyarakat (jasmas). Sehingga ada semacam penguatan kepada kaum perempuan," ungkapnya.


Lebih lanjut, Ningsih (sapaan akrabnya) mengatakan, pelatihan olahan kue ini menjadi modal mereka (peserta) untuk meningkatkan peran perempuan bidang ekonomi. Sebelumnya peserta sudah memiliki usaha kuliner, seperti usaha secara online maupun home industri. 

Materi yang disampaikan oleh instruktur kepada peserta variatif. Ada banyak aneka olahan kue yang diajarkan. Pihaknya bersinergi dengan DP3APPKB mengadakan pelatihan untuk memberikan penguatan pemberdayaan kaum perempuan. 


"Peserta pelatihan kue ini diikuti oleh warga Kecamatan Banyuputih dan Asembagus sebanyak 50 orang. Saya sampaikan terima-kasih kasih kepada DP3APPKB Situbondo dan peserta yang sudah antusias mengikuti pelatihan. Setelah pelatihan, diharapkan jalinan komunikasi antara peserta dan saya selaku anggota DPRD semakin kuat serta dekat dengan masyarakat," harapnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama