Perdana, Pemdes Duwet Bersama Petani Semai Benih Padi BK 01 Agritan

Camat Panarukan bersama Kades Duwet dan petani menebar benih padi varietas BK Situbondo 01 Agritan

 

Jawapes, SITUBONDO - Memasuki masa tanam. Pemerintah Desa (Pemdes) Duwet, Kecamatan Panarukan bersama petani menebar benih padi varietas BK Situbondo 01 agritan di lahan milik ketua HIPPA desa setempat, Selasa (17/10/2023).


Dikonfirmasi awak media Kepala Desa Duwet Adi Candra Karisma, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi yang telah memberikan bantuan bibit padi varietas BK 01 agritan kepada kelompok tani dan petani di Desa Duwet. Sementara saat ini benih padi BK 01 agritan yang disemai sebanyak 1 kuintal dengan mencakup areal lahan sawah seluas 5 hektare. Menurutnya, keunggulan dari bibit padi BK 01 agritan yaitu mampu memproduksi padi dalam jumlah besar dengan masa tanam yang lebih singkat. 


"Jadi harapannya para petani bisa meningkat produktivitas padinya dan bibit padi BK 01 agritan ini dalam satu tahun bisa ditanam empat kali. Alhamdulillah hari ini kami bersama petani bisa melaksanakan penyemaian benih padi BK Situbondo 01," ungkapnya.


Lebih lanjut Adi Candra menjelaskan, penyemaian benih padi BK Situbondo 01 baru pertama kali dilakukan di Desa Duwet. Sebelumnya penyuluh PPL dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan) sudah mensosialisasikan pola tanam benih padi BK 01 agritan yang benar kepada para petani dan kelompok tani. Langkah selanjutnya ketika penanaman ini berhasil, maka ke depan melalui kelompok tani diupayakan para petani yang ada di Desa Duwet agar menanam benih padi BK Situbondo 01 dan 02 agritan.


Di tempat yang sama, Camat Panarukan Ali Munir mengatakan, penyemaian benih padi BK 01 agritan ini merupakan hal yang menggembirakan. Ia mengintruksikan kepada seluruh kepala desa se-Kecamatan Panarukan untuk mengalokasikan presentase lahan sawah yang ada untuk ditanam padi BK Situbondo 01 dan 02 agritan. Sampai saat ini Kecamatan Panarukan baru ada dua desa yang sudah menanam padi varietas BK Situbondo agritan, yaitu Desa Wringin-anom dan Duwet. Sedangkan untuk yang lainnya masih menyusul dan bertahap.


"Kita berharap penyemaian benih padi BK Situbondo 01 agritan pada hari ini di Desa Duwet yang dipelopori oleh kepala desa bisa ditiru oleh masyarakat. Sehingga lahan banyak yang ditanam padi varietas BK Situbondo agritan dan yang merasakan manfaatnya adalah masyarakat," pungkasnya.


Pantauan awak media, kegiatan tersebut turut dihadiri PPL Dispertangan, perwakilan dari DPUPP Situbondo, Babinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat Desa Duwet, Ketua HIPPA, ketua kelompok tani dan perwakilan petani. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama