Rakerwil dan Konsolidasi LSM GMBI Wilter Jateng Mengusung Tema Menuju Transformasi

Rakerwil dan Konsolidasi LSM GMBI Wilter Jateng
.

Jawapes, Banjarnegara - Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) teritorial Jawa Tengah melaksanakan Rakerwil (Rapat Kerja Wilayah), Kamis (03/8/2023) Pukul 13.00 Wib sampai dengan selesai di Golden Ball Room Hotel Surya Yudha Kabupaten Banjarnegara.

Hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain oleh seluruh anggota Distrik, KSM di seluruh Kabupaten Provinsi Jawa tengah. Turut hadir Ketua Wilter GMBI Jawa tengah Toni Safrudin Hidayat, Ketua Distrik Widiana Kartika SE, Ketua Panitia Ahmadi dari DPP LSM GMBI, DPD Jateng GRIB Jaya, Perwakilan Pemuda Pancasila, Lindu Aji, Garda Anak Bangsa (GAB), Forkompinda Banjarnrgara, Bakesbanpol Provinsi Jawa Tengah serta tamu undangan lainnya.

Ketua GMBI Wilter Jawa Tengah Toni Safrudin Hidayat dalam sambutannya menyampaikan Visi dan Misi daripada GMBI di Era Tranformasi. 

"Pada Era Transformasi, LSM GMBI mempunyai visi yaitu bagaimana Lembaga Swadaya Masyarakat GMBI mampu berperan ke dalam terwujudnya gerakan masyarakat bawah dan gerakan intelektual yang berjuang untuk mengangkat harkat martabat kaum lemah dan termarjinalkan. Dengan jiwa ini, semangat Bela Negara dan Bela Rakyat guna tercapainya masyarakat Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur, khususnya di Jawa Tengah," ungkapnya.

Lanjut Toni Safrudin mengatakan, adapun Misi yang kami jalankan untuk perwujudannya adalah ;
1. Memberikan kontribusi pemikiran dan pelaksanaan gerakan membela masyarakat. 
2. Melakukan advokasi dan menerima kepada kelompok masyarakat yang lemah, guna memperoleh hak-haknya sebagai warga negara. 
3. Melakukan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan kehidupan ekonomi di sertai peningkatan daya kritis masyarakat dan memperkuat posisi tawar terhadap berbagai macam kebijakan Pemerintah. 4. Memperkuat kolaborasi, sinergi dan harmoni dengan Elemen Civil Society lainnya serta melakukan gerakan-gerakan guna meningkatkan plural dan kesejahteraan masyarakat lemah berdasarkan prinsip relokasi dan keadilan demokrasi. 
5. Mengartikulasi dan mengapresiasi berbagai kepentingan masyarakat lemah kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah melalui kerja sama. 

Haerudin SH., MH perwakilan Bakesbangpol saat diwawancarai diacara LSM GMBI Wilter Jateng
.

Sementara perwakilan Bakesbangpol Provinsi Jawa Tengah Haerudin SH., MH saat di wawancarai oleh awak media mengatakan, bahwa untuk acara Rakorwil LSM GMBI Wilter Jawa Tengah ini terkait program pembangunan di daerah. 

"Rakorwil teritorial LSM GMBI ini, saya kira satu acara yang tersendiri dan kami berharap dalan rapat sebagai diskusi, sebagai sharing terkait dengan program-program. Apalagi ini temanya sangat bagus ya, dalam rangka pelaksanaan program pembangunan daerah. Memang GMBI ini organisasi yang besar kalau menurut saya di Jawa Tengah, ujarnya.

Haerudin menambahkan, saya kira penting untuk kita selalu bekerja sama, karena Pemerintah pun membutuhkan kemitraan, bermitra dengan organisasi kemasyarakatan. Jadi saya lihat itu semangatnya luar biasa, GMBI saya lihat loyalitas anggotanya terlihat kekompakan, dan itu penting bagi organisasi.

"Tadi saya sampaikan, bahwa dari 702 organisasi kita yang ada di Jawa Tengah, tidak semua aktif. Ada 181 yang tidak aktif, GMBI itu termasuk yang aktif," jelasnya.

Masih dalam waktu yang sama, Wakil Sekjend DPP LSM GMBI Yudi T Sunardja mengatakan, Raker dan Konsolidasi LSM GMBI Wilter Jateng bisa menjadi contoh Provinsi yang lain. 

"Pertama dari pelaksanaan Wilter Jateng ini luar biasa, dari tata laksana yaitu mulai dari Rakernas kemudian pelaksanaan hari ini sangat luar biasa. Dan itu di harapkan bisa menjadi percontohan di seluruh Provinsi yang sudah ada di GMBI, bahwa Rakerwil ini adalah salah satu program umum GMBI yang wajib untuk seluruh Wilter sampai ke distrik untuk melaksanakannya,"pungkasnya.(Baskoro)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama