FIK UNIB Sukorejo Sosialisasikan Pola Hidup dan Makanan yang Baik Guna Mencegah Gastritis

Dosen FIK UNIB Sukorejo Burhanudin Gasim Soka sebagai narasumber memberikan materi pada acara sosialisasi

 

Jawapes, SITUBONDO - Ratusan Siswa SMK Ibrahimy 1 Sukorejo mengikuti acara sosialisasi pola hidup dan makan yang baik untuk mencegah terjadinya gastritis, yang diselenggarakan oleh Prodi S1 Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibrahimy (FIK UNIB) Sukorejo, Senin (17/7/2023) di Aula sekolah setempat.


Dikonfirmasi awak media, Dosen Prodi S1 Farmasi FIK UNIB Sukorejo, Burhanudin Gasim Soka, S.Farm., M.Farm., menjelaskan, acara sosialisasi pada hari ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan rutin setiap semester oleh FIK UNIB Sukorejo, yaitu dalam rangka menjalankan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sedangkan materi yang disampaikan pada acara sosialisasi ini, yakni memberikan pemahaman tentang penyakit gastritis. Lalu, bagaimana tata cara penanggulangan dan menyiapkan obat-obatan apa saja yang bisa digunakan.


"Perlu diketahui, gastritis adalah peradangan pada dinding lambung yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau lambung. Jika dibiarkan, gastritis bisa berlangsung bertahun-tahun dan mengakibatkan komplikasi serius, seperti tukak lambung. Lalu, gastritis itu sendiri merupakan salah satu penyakit saluran pencernaan," terangnya.



Lebih lanjut, Gasim Soka mengatakan, kegiatan pengmas melalui acara sosialisasi pada saat ini melibatkan dosen pelaksana dan mahasiswa semester VI Prodi S1 Farmasi FIK UNIB Sukorejo. Sedangkan sasaran peserta sosialisasi adalah siswa kelas XI SMK Ibrahimy 1 Sukorejo. Setelah acara sosialisasi ini, diharapkan para peserta bisa selalu menjaga kesehatannya dan mengetahui apa saja makanan yang layak di konsumsi untuk mencegah terjadinya gastritis.


"Adapun makanan yang direkomendasikan untuk mencegah terjadinya gastritis. Diantaranya mengkonsumsi daging, buah-buahan, sayur hijau, wedang jahe dan hindari stres agar asam lambung tidak naik," ucapnya.


Masih Gasim Soka menambahkan, adapun cara penanganan mencegah terjadinya gastritis. Yaitu makan teratur setiap hari, mengurangi makanan yang merangsang asam lambung seperti makan pedas dan asam, kurangi stress, olah-raga teratur, tidak merokok, tidak minum alkohol dan minum susu untuk menetralkan lambung.


"Dari kegiatan pengmas ini, kita akan menghasilkan produk obat dari bahan tanaman herbal untuk mengobati penyakit gastritis," pungkasnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama