Peringatan Hari Lahir Pancasila, PJ Bupati Banjarnegara Ajak Seluruh Komponen Tingkatkan Kinerja dan Prestasi

PJ. Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH menjadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila.

Jawapes, Banjarnegara - Pj. Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten, Kamis (1/06/2023) dihalaman Kantor Bupati Banjarnegara. 

Peserta pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila di ikuti oleh TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjarnegara, BPBD Banjarnegara, ASN, Organisasi Pemuda, Pelajar dan Organisasi Kemasyarakatan. Dihadiri pula dari unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda Banjarnegara dan Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. 

Upacara diawali dengan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibra Kabupaten Banjarnegara. Sedangkan pembacaan Teks Pancasila oleh Pj. Bupati yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara dan dilanjutkan pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Pj. Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH dalam sambutannya menyampaikan, Hari Lahir Pancasila yang di Peringati setiap tanggal 1 Juni itu, memiliki makna bagi rakyat dan Bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai Dasar Negara ataupun berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengarkan, namun harus dipraktikkan dan di aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati Bangsa Indonesia," katanya.

Disampaikannya Pidato Presiden RI Joko Widodo oleh Pj Bupati saat membacakan berisi, mengajak seluruh komponen untuk dapat lebih meningkatkan kinerja, bebas dari korupsi, membuat prestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun yang akan datang. Bahu membahu, bergotong royong untuk menurunkan angka Stunting di Indonesia, khusunya di Kabupaten Banjarnegara. 

PJ Bupati Tri Harso juga mengajak seluruh komponen bangsa melalui Hari Lahir Pancasila untuk terus menggelorakan semangat Pancasila.

"Teruslah berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan. Semoga Indonesia menjadi Bangsa yang besar yang di segani dunia tanpa kehilangan jati dirinya dari Pancasila," ucapnya.

Lebih lanjut, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa dan Sumber segala sumber hukum Negara.

"Pancasila adalah Dasar dan Ideologi Negara yang merupakan meja Statis menyatukan berbagai keragaman yang ada dan sekaligus sebagai bintang penuntun dinamis yang memandu kehidupan Bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian Negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur," jelasnya.

Perihal pengamalan nilai-nilai pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air, sehingga dapat membangun Bangsa dan Negara lebih baik. Berkat pancasila dengan nilai-nilai Inklusivitas, toleransi dan gotong royong serta keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajud dalam identitas Nasional Bineka Tinggal Ika.

Perkembangan situasi Global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan  tersendiri bagi bangsa Indonesia. 

Nilai-nilai Pancasila diharapakan dapat menjadi filter agar Bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. 

Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga, baik pada masa dulu, sekarang dan masa yang akan datang.

"Tahun depan kita akan menghadapi Pesta Demokrasi serentak, melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Untuk itu, saya mengajak seluruh komponen Bangsa agar bersama-sama mensukseskan Pemilu yang jujur, aman dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila," pungkas Tri Harso.(JP.K-3/Baskoro)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama