Bulan Jawa Apitan Memetri Bumi Wayang Kulit Semalam Suntuk Di Desa Doplang

 

Jawapes Cilacap,- Persiapan penataan tempat di lokasi halaman Desa Doplang Kec Adipala Kabupaten Cilacap. Rabu (7-6-2023)yang akan di adakan pentas Wayang Kulit. Dengan Judul Wahyu Tridoyo Dalang Ki Eko Suwaryo semalam suntuk acara Tradisi dan Budaya  Nguri2 Budaya yang diwarisankan turun temurun.


Ketua panita acara Akmad suwanto yang juga Ketua Rt03 Rw 03 Desa Doplang Kec Adipala menjelasakan disini bahwa acara pentas wayang semalam suntuk bertujuan mewujudkan rasa sukur karena melimpahnya rejeki yang di keluarkan bumi untuk kemakuran dan Kesejatraan  Desa Doplang.dijelaskan juga kenapa mengorbakan kerbau yang dipotong  dan dikubur kepalanya untuk mengubur kebodohan dan kemiskinan. kenapa diistilakan MEMETRI Bumi karena di dalam Memetri Bumi sudah pasti ada Ruat Bumi.



Harapan dan Doa dari Kades Doplang Budi Warsito,S.Kom.I semoga acara bisa berjalan lancar dan kondusif untuk warganya semoga tetep adem ayem(tentram sejahtra)makmur sentosa.judul Wahyu Tridoyo melambangkan tiga restu yaitu Restu Allah,Restu orang tua,Restu Masarakat semoga kedepan jaya sentosa gemah ripah loh jinawi.Terkait anggaran sepenuh nya dari Pemdes dan Partisipan dari warga Khusunya pengiat Seni dan Budaya. 

(Mugi irawan) 


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama