Evaluasi dan Edukasi Peningkatan Kinerja Dalam Pengelolaan Anggaran Dana Desa

Rapat kordinasi Forkompincam Susukan bersama Pemerintah Desa.

Jawapes, Banjarnegara - Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Susukan melaksanakan rapat koordinasi dan membahas bersama Kades dan Sekdes se Kecamatan Susukan, Kamis (15/06/2023) mulai Pukul 09.00 Wib di Warung Umah Tengah Sawah, Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara dengan moderator Sekcam Agus Setiyadi ST., M.Si dan dengan menghadirkan tiga Narasumber yaitu dari Dispermades PPKB, Inspektorat Kabupaten Banjarnegara, Bidang Hukum dari Sek da Kabupaten Banjarnegara.

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kinerja serta memotivasi, mengedukasi dan sekaligus melakukan evaluasi dalam menjalankan fungsi kerjanya seperti dalam pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD), Pelaksanaan Kegiatan serta Bantuan Hukum cuma-cuma dari Pemerintah Kabupaten mengenai cara pandang wawasan Kebangsaandan Kamtibmas. 

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dispermades PPKB Banjarnegara Agung Hermawan S.IP menyampaikan, tentang proses pelaksanaan kegiatan di desa mulai dari awal RKPDES( Rencana Kerja Pemerintahan Desa) untuk bahan ke APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) dari semua unsur dan elemen masyarakat desa wajib tahu. 

"Jadi pada intinya di mulai dari awal, dari tahap awal perencanaan pastinya harus tahu. Karena apa, di awal saat penyusunan RKPDES yang selanjutnya akan di jadikan APBDes sebagai bahan pelaksanaan kegiatan maka penyusunan itu wajib di hadiri oleh Pemdes yakni Kades dan Perangkat Desa, BPD, LKD, Tokoh Masyarakat hingga semua unsur masyarakat sampai ke Tokoh Perlindungan Anak dan Perempuan. Semua harus ikut hadir dalam pembahasan menyusun perencanaan, jadi artinya di awal semua sudah tahu bahwa nantinya masyarakat juga sudah tau di buat talud Dusun B yang di Aspal Dusun A dan seterusnya," jelasnya kepada awak media usai kegiatan.

Ia menambahkan, bahwa sebetulnya kalau semua sudah tahu yang kemudian di tetapkan oke, nantinya di musyawarahkan perencanaan dan pembangunan desa (Musren bangdes) di Acc oleh Kades, Ketua BPD dan satu perwakilan unsur Pemerintah yang hadir. 

"Pada intinya, kalau sudah tahu, oke dan fik maka di jadikan lampiran APBDES," terang Agung Hermawan.

Sementara FKPD Kepala Desa Susukan Mohamad Sholeh mengucapkan, terima kasih atas terlaksananya Forkompincam serta mendukung dan gas pol untuk Camat kita yang muda dan enerjik untuk melakukan langkah-langkah Pembinaan ini agar dapat meminimalisir setiap kesalahan. Bukan kita yang salah, tapi karena kemampun di keilmuan kita yang kurang maka tidak percaya diri dalam menghadapi tantangan ke depan.

"Untuk pernanan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Media Kewartawanan memiliki peranan penting sebagai lembaga sosial kontrol, kami tidak alergi cuma ingin di konfirmasi kekurangan kami itu apa. Didukung untuk memperbaiki menjadi lebih baik lagi dari hari kemarin. Bukan kita sebagai obyek, kita ini dengan segala keterbatasanya di anggaran dan penganggaran," ungkapnya.

Mohamad Sholeh menambahkan, peranan Media bagi kami sangat mendukung teman-teman, harapan kami ke teman-teman wartawan dari Media manapun, baik cetak, elektronik, online, kami ingin di beritakan apa yang kami lakukan. Bukan di cari kesalahannya tapi kami didorong untuk bisa berprestasi di Pemerintahan, dan harapan kami dengan berita yang bagus untuk Pemerintahan Desa bisa mendapatkan Reward menjadi Desa yang maju.

Sementara Inspektorat Kabupaten Banjarnegara Fauzan Satu M.SI menyampaikan, untuk acara hari ini intinya fokus Pemerintah. Anggaran Desa kan besar, ya otomatis SDMnya harus di persiapkan. 

"Memang sangat tepat langkah yang di ambil oleh Camat Susukan, untuk apa namanya meningkatkan kapasitas dengan kapasitas seperti ini, forum komunikasi ditingkat dengan Kecamatan mengumpulkan Kades dan Sekdes untuk memberikan materi ini sebagai perangsang, nanti akan sering mengadakan peningkatan kapasitas, kemudian pengelolaan Keuangan dengan para pemangku di tingkat desa," ujarnya.(Baskoro)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama