Peringatan Hardiknas di Kabupaten Banyumas Istimewa, Diawali Upacara Diteruskan Rangkaian Kegiatan

Foto bersama usai Upacara Peringatan Hardiknas di depan Pendopo Sipanji Purwokerto.

Jawapes, Banyumas - Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 terbilang istimewa, kegiatan tersebut dilaksanakan di Alun-alun Purwokerto Kabupaten Banyumas, Selasa (2/05/2023) dengan di ikuti kurang lebih 2000 peserta dengan mengusung Tema Semangat Kebhinekaan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. Joko Wiyono M.Si menuturkan, bahwa untuk peserta Upacara adalah para Guru dan Siswa di Kabupaten Banyumas. Selain Petugas Upacara dan unsur Forkompimda, peserta Upacara memakai pakaian adat, seragam OSIS dan juga seragam Pramuka serta seragam identitas.

"Kita mengusung Tema Semangat Kebhinekaan dalam Upacara Hardiknas kali ini. Pesan yang ingin kita sampaikan ialah, bahwa sekolah semestinya menjadi tempat atau bingkai yang indah untuk mewadahi Kebinekaan yang ada," katanya.

Ia menambahkan, usai upacara digelar penampilan Ebeg Edukasi (Kuda Lumping) yang dibawakan oleh 240 Siswa SMPN 1 Lumbir. Ebeg Edukasi itu berisi penampilan tarian kontemporer yang dipadukan dengan kesenian Ebeg, sedangkan tarian yang dibawakan bercerita tentang Baladewa dimana memiliki makna filosofi yakni tentang keberanian dan semangat.

"Pendidikan di Banyumas harus memiliki semangat dan keberanian menghadapi dinamika zaman yang terus berubah," imbuhnya.

Tak hanya pertunjukan Ebeg Edukasi, para Pesilat pun akan tampil melihatkan kelihaianya. Para pesilat itu merupakan gabungan dari berbagai Perguruan yang ada di Kabupaten Banyumas. 

"Ada 35 Pesilat yang turun melakukan demo dan tampil dihadapan Bupati dan undangan lainnya," ungkap Joko Wiyono yang juga menjadi Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Banyumas.

Pada rangkaian Peringatan Hardiknas 2023 di Banyumas ini, akan diisi dengan kegiatan Sarasehan di Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada Selasa 9 Mei, Jalan Sehat dan Donor Darah pada Minggu tanggal 21 Mei di Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Selain itu, Pameran P5 dan Pameran Buku hasil karya Jajaran Dinas Pendidikan di Gurinda Sarwa Mandala pada Senin dan Selasa tanggal 22-23 Mei. Dalam hari yang sama diadakan juga lomba Mural di Lapangan Tenis Dinas Pendidikan, selain itu ada lomba Melukis, Gebyar Inklusi, Lomba Mewarnai dan Gebyar PAUD.

"Sebagai penutup, akan ada Malam Resepsi di Dinas Pendidikan Banyumas dan sekaligus digelar Pagelaran Wayang Kulit okeh Dalang Ki Panji Laksono Amung Carito dengan lakon Talirasa Rasatali pada Hari Rabu Malam tanggal 31 Mei 2023," kata Joko. 

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein mengatakan, Pendidikan saat ini dan anak muda adalah wajah Banyumas di masa medatang. Menurutnya, Pemkab telah berusaha melakukan yang terbaik untuk Pendidikan di Banyumas. 

"Saya sangat berharap, Pendidikan di Banyumas itu berjalan menyenangkan untuk para siswa, Pendidikan di Banyumas itu pun berkualitas," katanya. 

Husein menambahkan, yang sudah baik dalam dunia Pendidikan di Banyumas hendaknya terus di lanjutakan.

"Yang masih perlu diperbaiki ya mari diperbaiki. Pendidikan ialah kunci untuk kemajuan," pungkasnya.(JP.K-3)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama