Dua Anak Singa Lahir di Kebun Binatang Surabaya

 

Dua Anak Singa Lahir di Kebun Binatang Surabaya
Dua anak Singa Lahir di Kebun Binatang Surabaya diberi nama Bima (jantan) Dona (Betina)



Jawapes, Surabaya - Kebun Binatang Surabaya (KBS) kedatangan keluarga baru. Melahirkan sepasang anak singa jantan dan betina. untuk anakan singa yang berjenis kelamin jantan diberi nama Bima, sedangkan yang betina di beri nama Dona. Dua induk singa yang dipinjam dari Jatim Park.


Direktur Utama Kebun Binatang Surabaya, Khoirul Anwar terlihat begitu bahagia dengan kelahiran mereka. Selama menjabat sebagai dirut KBS, ia berhasil membiakkan kuda nil, gajah, jalak bali, dan yang paling banyak: komodo.


Pemberian nama biasanya dilakukan oleh wali kota. Terutama di era Wali Kota Tri Rismaharini. Kali ini, KBS sendiri yang memberikan nama untuk dua simba mungil itu. “Kami kasih nama Bima dan Dona itu ada maksudnya,” ujar Khoirul, Selasa, 30 Mei 2023.


Dalam bahasa Sanskerta : Bima adalah salah satu nama yang dihubungkan dengan tokoh pewayangan dalam wiracarita Mahabharata. Dalam cerita tersebut, Bima adalah salah satu ksatria pemberani dan kuat. “Harapan kami, nanti Bima tumbuh sesuai namanya,” jelasnya.


“Sedangkan yang betina kami kasih nama Dona. Artinya memikat dan menarik. Primadona KBS,” lanjut mantan Dirut PDAM Pasuruan itu.


Khoirul Anwar mengapresiasi keberhasilan tim konservasi. Singa-singa yang didatangkan dari Jatim Park mampu melahirkan dua anak dalam kurun waktu satu tahun. “Keren, langsung manak (beranak,Red). Mereka kerasan di sini,” lanjutnya.


Setelah masa menyusui terlewati,kedua induk singa itu akan dikembalikan ke Jatim Park. Sedangkan, dua anak mereka akan tetap dirawat di KBS.


"Mereka sedang menjalani masa transisi untuk mendekatkan diri dengan zookeeper agar menjadi jinak," jelas Khoirul. Pengunjung bisa melihat dua anak singa itu setelah masa karantina dilalui. (Achmad)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama