Pelayanan KANCIL NGAPAK oleh Petugas Kantor Imigrasi Cilacap di Kemenag Kabupaten Purbalingga.
Pembaca
Jawapes, Purbalingga - Suasana Ramadhan tidak menghalangi petugas Imigrasi Cilacap dari Kantor Imigrasi Cilacap untuk menggelar Layanan Kancil Ngapak di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Purbalingga selama 2 hari, yaitu hari Sabtu dan Minggu (8-9/2023).
Layanan Paspor yang yang bernama Kancil Ngapak ini, memiliki arti "Kantor Imigrasi Ngelayani Paspor Neng Kabupaten". Kancil Ngapak merupakan sebuah inovasi Layanan dari Kantor Imigrasi Cilacap yang melayani pemohon Paspor dihari Sabtu dan Minggu di Kabupaten yang masuk dalam Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Cilacap, salah satunya yaitu Kabupaten Purbalingga.
Banyaknya permintaan masyarakat untuk mengajukan permohonan Paspor dari Kabupaten Purbalingga sehingga Kantor Imigrasi Cilacap memfasilitasi masyarakat dengan melaksanakan layanan Kancil Ngapak hari Sabtu dan Minggu ini.
Perlu diketahui bahwa Layanan Kancil Ngapak ini hanya melayani permohonan Paspor baru dan penggantian Paspor saja.
Pemohon yang ingin mengajukan Paspor baru maupun penggantian karena habis masa berlaku atau halaman penuh, bisa menggunakan layanan Kancil Ngapak ini untuk mendapatkan penerbitan Paspor yang baru. Satu minggu sebelum jadwal pelaksanaan, Kantor Imigrasi Cilacap telah menginformasikan terkait jadwal pelaksanaan dan juga lokasi yang akan dijadikan tempat pelayanan Kancil Ngapak.
Cara pendaftaran sendiri cukup mudah, untuk bisa mendapatkan pelayanan pada program Kancil Ngapak, Pemohon cukup mengirimkan format yang telah ditentukan ke nomor Whatsapp Kantor Imigrasi Cilacap.
Kegiatan Kancil Ngapak Purbalingga ini berjalan lancar, pemohon dapat terlayani dengan baik dengan sistem antrian pemohon yang cukup kondusif sehingga petugas juga nyaman saat melayani pemohon.
Jumlah pemohon yang terlayani pada layanan Kancil Ngapak Purbalingga ini ada 64 orang yang berasal dari Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya.
Kepala Kantor Imigrasi Cilacap Yoga Ananto Putra mengatakan, Bulan Ramadhan tidak menghalangi kegiatan Kantor Imigrasi Cilacap untuk melayani pemohon di luar Kantor. Pada hari ini telah dilaksanakan kegiatan Kancil Ngapak di Kabupaten Purbalingga selama 2 (dua) hari. Hal tersebut merupakan komitmen Kantor Imigrasi CIlacap dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan utama layanan Kancil Ngapak adalah untuk mempermudah masyarakat bagi yang tidak sempat mengurus Paspor di hari kerja, terlebih para karyawan maupun pekerja yang karena kesibukan dan rutinitas kerja di hari biasa.
"Bulan Ramadhan ini Imigrasi Cilacap tetap berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan tetap melaksanakan kegiatan Kancil Ngapak Purbalingga ini. Kancil Ngapak ini memang tujuannya adalah untuk membantu pemohon yang tidak memiliki waktu di hari kerja sehingga dengan adanya layanan ini pada hari Sabtu dan Minggu harapanya bisa membantu pemohon yang sibuk pada hari kerja dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus Paspor," jelasnya.
Lebih lanjut, luasnya wilayah kerja Kantor Imigrasi Cilacap dan jarak tempat tinggal pemohon ke Kantor Imigrasi CIlacap yang cukup jauh dapat terbantu dengan adanya layanan ini.
"Karena dengan adanya layanan Kancil Ngapak maka pemohon dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk mengurus paspor", ungkap Yoga.
Retno, salah satu pemohon layanan Kancil Ngapak Purbalingga mengatakan, adanya pelayanan Kancil Ngapak Purbalingga ini sangat membantu sekali. Sehingga bisa mengurus Paspor lebih dekat dari rumah, selain menghemat waktu dan biaya, pelayanan Kancil Ngapak Purbalingga juga dirasa cukup cepat pelayananya dan petugasnya pun ramah serta cekatan dalam melayani.
"Saya baru pertama kali mengurus Paspor melalui program Kancil Ngapak di Purbalingga ini. Berkat adanya layanan ini, saya tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Imigrasi Cilacap untuk mengurus Paspor saya. Selain menghemat waktu dan biaya, pelayanan Kancil Ngapak Purbalingga ini juga dirasa cukup cepat pelayanan dan petugasnya pun ramah serta cekatan dalam melayani," ujarnya.(Egy.W/Baskoro)
Pembaca
Posting Komentar