Walikota Bersama TP PKK Jalin Kerja Sama Gerakan Safari Sekolah Pembinaan Remaja Aminah


Jawapes Probolinggo - TP PKK Kota Probolinggo, Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Probolinggo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo  menandatangani kerja sama gerakan safari sekolah pembinaan remaja Aminah (Amanah, Inovatif dan Handal), Jumat (17/3) di Puri Manggala Bakti.

Ketua Pokja I PKK, Jeti Ernawati mengatakan kegiatan ini dilatarbelakangi tingginya kenakalan remaja, tawuran, anak-anak yang putus sekolah hingga pernikahan usia remaja. Hal inilah yang menggugah Pokja I TP PKK Kota Probolinggo yang membidangi pembinaan karakter pada remaja, merasa perlu menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan di Kota Probolinggo.

Jeti menambahkan, tujuan dari kegiatan ini antara lain menjalin kerja sama secara resmi antara TP PKK dengan lembaga pendidikan, menjalin silahturahmi antara TP PKK dengan seluruh warga sekolah se-Kota Probolinggo, menjalin kerja sama dengan guru BK di sekolah untuk bersama-sama melakukan pembinaan, serta penguatan akhlak dan karakter para pelajar.

“Selain itu juga untuk memberikan wawasan kepada para pelajar tentang materi pola asuh anak dan remaja di era digital, serta bersama-sama mengupayakan pembentukan, penguatan akhlak dan karakter remaja. Sasarannya pada sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Probolinggo, Kementerian Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo,” terangnya.

Pembinaan remaja Aminah akan dilakukan dengan kegiatan safari sekolah secara bertahap dengan sasaran di 20 sekolah. Kegiatannya antara lain apel bersama seluruh warga sekolah sekaligus deklarasi remaja berakhlak, berkarakter hebat dan handal, serta sosialisasi terkait PAAREDI (Pola Asuh Anak di Era Digital) untuk 100 siswa.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembacaan deklarasi safari sekolah dan penandatanganan kerja sama kegiatan safari sekolah oleh Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, Ketua TP PKK Aminah Hadi Zainal Abidin, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Probolinggo, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Kantor Kementerian Agama dan para kepala sekolah SMP/Mts dan SMA/SMK/MA se-Kota Probolinggo.

Dalam sambutannya, Wali Kota Habib Hadi meminta kehadiran TP PKK Kota Probolinggo betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Melalui kegiatan di lingkungan pendidikan merupakan komitmen dari Pemerintah Kota Probolinggo sebagai kota yang berhasil meraih KLA tingkat utama.

“Tetapi kita tidak boleh terhenti pada prestasi, dari prestasi yang diraih disempurnakan dengan kegiatan nyata yang outputnya dirasakan masyarakat. Dengan gerakan safari sekolah akan membantu dan menciptakan rasa nyaman anak-anak didik di lembaga sekolah karena keberadaan PKK menjadi ruang baru bagi harapan masyarakat,” tuturnya.

Wali Kota Habib Hadi menyarankan agar berpikir untuk mencari solusi dari pada hanya sekadar menyalahkan. Melalui safari sekolah bertujuan untuk mengayomi semua anak didik yang ada di Kota Probolinggo, maka kehadiran PKK menjadi wadah untuk para siswa dapat menyampaikan permasalahan dan mendapatkan solusinya.

“Usai safari sekolah dilakukan, harus ada hari tertentu PKK datang ke sekolah untuk memberikan kebebasan bagi anak-anak untuk bercerita dengan aman, nyaman dan terjaga privasinya. Saya minta yang ada disini untuk bergandengan tangan bersama demi terwujudnya generasi kita yang betul-betul bisa menjadi generasi penerus bangsa khususnya di Kota Probolinggo,” tandasnya.

Menurutnya, tidak ada istilah terlambat selama ada kemauan untuk berbenah. Habib Hadi berharap para kepala sekolah dapat memahami, mendorong dan menyampaikan kepada anak didiknya terkait hal ini. Sehingga ke depan Pemerintah Kota Probolinggo bisa mengeluarkan regulasi yang dapat menjadi harapan bagi warga Kota Probolinggo khususnya.

“Apa yang ada di dalam deklarasi tadi, akan kita libatkan semua stakeholder sesuai dengan kapasitasnya untuk ikut mensosialisasikan kepada lingkungan pendidikan masing-masing. Mari semua berkolaborasi bersama dalam kegiatan safari sekolah. Mudah-mudahan ke depan bisa kita tingkatkan untuk menjaga dan meningkatkan mutu kualitas anak-anak remaja di Kota Probolinggo,” pesan wali kota. 

( Eko )


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama