Percepatan Penanganan Stunting, Forkopimcam Batang Gelar Rapat Koordinasi

Percepatan Penanganan Stunting, Forkopimcam Batang Gelar Rapat Koordinasi
Rapat koordinasi pencegahan Stunting oleh Forkompincam Batang.


Jawapes, Batang - Forkopimcam Batang menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pencegahan Stunting dan sekaligus melaunching Persaudaraan Madani (Permadani) bersama Penggerak PKK Kecamatan, Rabu (18/01/2023) di Pendopo Kecamatan setempat.

Camat Batang Luksono mengatakan, percepatan penanganan Stunting ini sesuai dengan Perpres 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan Stunting yang mengamanatkan agar Pemerintah Kabupaten/Kota bisa melaksanakan percepatan penanganan Stunting.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat penanganan Stunting di Kabupaten Batang, khususnya di Kecamatan Batang," katanya.

Ia menjelaskan, untuk Stunting di Kecamatan Batang sejauh ini mengalami penurunan.

"Allhamdulillah jumlah Stunting di Kecamatan Batang sudah mengalami penurunan, hal itu atas upaya dan bantuan semua pihak dalam mengatasi Stunting," jelasnya.

Untuk itulah, meningkatkan percepatan penanganan Stunting ini, pihaknya meluncurkan program Persaudaraan Madani (Pemadani). Permadani akan berkolaborasi dengan ibu-ibu PKK dan Kecamatan.

"Program ini merupakan bentuk gotong royong bersama dengan melakukan gerakan lima ribu rupiah untuk membantu balita yang terkena Stunting dalam penambahan gizi. Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan, karena ini wujud pergerakan nyata," beber Camat Batang.



Senada dengan Camat Batang, Kapolsek Batang Polres Batang AKP Akhmad Al Munasifi menyampaikan, rapat ini bukan pengarahan namun musyawarah dalam penanganan Stunting.

"Percepatan penanganan Stunting ini merupakan program prioritas dari Presiden, diharapkan kita semua mendukung dan mensukseskan program Pemerintah tersebut," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Batang Dyah Purwanti mengatakan, Permadani merupakan program yang mempersaudarakan saudara.

"Permadani merupakan program mempersaudarakan antara saudara yang berkecukupan (aghniya) dengan saudara yang belum berkecukupan (dhuafa). Tujuannya menggalang solidaritas dan empati serta berbagi kepada saudara yang belum berkecukupan," ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini akan diadakan penggalangan dana gotong royong melalui gerakan Rp.5000 untuk mensukseskan program Pemerintah dibidang kesehatan, khususnya pencegahan Stunting di Kecamatan Batang.(Santo)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama