Forkopimka Tulangan Panen Sayuran Hidroponik di Pemdes Kepunten

Forkopimka Tulangan Panen Sayuran Hidroponik di Pemdes Kepunten
Budidaya hidroponik

Jawapes, SIDOARJO
- Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidropik sangat cocok dengan kondisi lahan yang sempit karena tidak membutuhkan tempat yang luas.


Hal itulah yang mendorong Kades Kepunten Zainul Abidin membudidayakan tanaman Hidroponik dilingkungan Pemerintahan Desa yang dipimpinnya. 


Kades Kepunten bersama Camat Tulangan yang didampingi Danramil 05/ Tulangan Kapten Inf Moh. Said, beserta Babinsa Serma Misnan dan Serka Joko. Dwi. P melaksanakan panen sayur dari media hidroponik, Jumat (13/1/2023).


Hadir dalam kegiatan panen sayur media hidroponik tersebut antara lain Suprayitno (Camat Tulangan), Danramil 0816/05 Kapten Inf. H. Moh. Said, Zainul Abidin (Kepala Desa Kepunten) beserta perangkatnya, Serma Misnan dan Serka Joko. Dwi. P, Mantri pertanian Kecamatan Tulangan (Rojin), Ketua PKK beserta kader 30 orang.


Adapun tanaman yang dipanen yaitu sawi. Kegiatan budidaya sayuran dari media hidroponik milik Pemerintahan Desa Kepunten, telah 2 kali dilakukan pemanenan dan panen saat ini lebih baik dari sebelumnya. Terlihat dari segarnya daun yang dihasilkan, hal tersebut dikarenakan semakin berpengalamannya Pemdes Kepunten dalam bercocok tanam dengan menggunakan media tersebut.


Terbukti pada saat panen tersebut sayuran yang ditanam dengan media hidroponik ternyata bisa tumbuh subur dan tentunya sayuran tersebut lebih sehat dan segar karena merupakan sayuran organik. 


Zainul Abidin (Kepala Desa Kepunten) bersemangat untuk berbudidaya menggunakan media Hidroponik, karena cara budidaya yang simpel dan tidak memakan tempat sebagai medianya. 


Kades mengucapkan terimakasih atas kehadiran Danramil beserta Babinsa yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan support demi kelangsungan usaha budidaya media hidroponik tersebut.


Camat Tulangan Suprayitno, S.STP, M.H.p dalam kesempatan tersebut menyatakan Pemdes Kepunten ini harus dicontoh dalam pengembangan hidroponik sebab hal tersebut merupakan salah satu implementasi dari serbuan ketahanan pangan sebab masyarakat sering berkontraksi sosial untuk belajar cara bercocok tanam hidroponik tentu saja Pemdes Kepunten akan semakin dekat dengan warganya dan terjalinnya hubungan silaturahim yang baik.


Kesempatan tersebut dimanfaatkan Kapten Inf Moh. Said sebaik-baiknya untuk mempelajari cara berbudidaya model hidroponik tersebut. Dengan maksud dan tujuan apabila nantinya usaha yang dilakukan sudah membuahkan hasil bisa sebagai sample/contoh atau modal pengetahuan anggota Koramil 05/Tulangan untuk bisa di publikasikan atau sebagai komunikasi sosial kewarga binaannya. Terlebih bagi warga yang hanya mempunyai lahan dan pasokan air yang sedikit. (Tyaz)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama