Aksi Damai Ratusan Kades dan Perangkat Desa Situbondo, Ini Tuntutannya

Aksi Damai Ratusan Kades dan Perangkat Desa Situbondo, Ini Tuntutannya
Ratusan kades dan perangkat desa di Kabupaten Situbondo saat menggelar aksi damai

 

Jawapes, SITUBONDO - Ratusan kepala desa (kades) beserta perangkat desa di Kabupaten Situbondo melakukan aksi beraksi damai serentak, bertempat di halaman Hotel Sido Muncul 2 Wisata Bahari Pasir-Putih, Kecamatan Bungatan, Selasa (17/1/2023).


Dikonfirmasi awak media usai acara, Misuri Kades Tokelan sebagai koordinator lapangan mengatakan, pelaksanaan aksi beraksi damai pada hari ini berjalan dengan lancar dan sukses. Kades beserta seluruh perangkat desa di Kabupaten Situbondo yang tidak ikut ke Jakarta, hari ini mereka kompak hadir mengikuti aksi damai menyampaikan orasi di tempat ini. Adapun tuntutan atau aspirasi yang disampaikan, yaitu mendukung terwujudnya revisi Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014, pasal 39 ayat 1 terkait masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun agar segera dibahas oleh DPR RI. Diharapkan penambahan masa jabatan kades, berbagai program yang ada di desa terealisasi dengan optimal, sehingga dapat menyelesaikan berbagai sengketa dan kesenjangan sosial di tengah masyarakat dengan lebih baik lagi.


"Total yang kumpul di tempat ini mengikuti aksi damai sekitar 300 sampai 400 orang, meliputi kades dan perangkat desa. Aspirasi yang disampaikan kita tujukan kepada wakil rakyat yang ada di DPR pusat, makanya kami undang DPRD di sini. Kegiatan aksi damai dilakukan secara serentak seluruh Indonesia," ucapnya.


Sementara itu, Camat Bungatan Yogie Kripsian Sah dalam arahannya menyampaikan, para peserta aksi damai agar menyuarakan aspirasi dengan baik dan tertib, jangan sampai anarkis. Semoga yang berkumpul di sini bersatu dalam sebuah kebaikan, sehingga hasilnya akan baik juga. Diharapkan tuntutan para kades beserta perangkat yang ada di Jakarta saat ini bisa dikabulkan oleh pemerintah pusat dan bahkan mendapatkan dukungan dari DPR RI.


"Semoga kedepannya seluruh pemerintah desa yang ada di Kabupaten Situbondo semakin baik lagi," harapnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama