Tingkatkan Literasi Statistik, BPS dan Unars Situbondo Launching Pojok Statistik

Tingkatkan Literasi Statistik, BPS dan Unars Situbondo Launching Pojok Statistik
Rektor Unars Situbondo bersama Kepala BPS usai melaksanakan launching pojok statistik

 

Jawapes, SITUBONDO - Perguruan Tinggi Universitas Abdurrachman Saleh (Unars) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Situbondo launching Pojok Statistik dan Kuliah Tamu, di lantai II Aula Unars Situbondo, Selasa (27/12/2022).


Dikonfirmasi awak media usai menghadiri acara tersebut, Rektor Unars Situbondo, Dr. Drs. Ec. Karnadi, M.Si., menyampaikan, pojok statistik merupakan program dari BPS Situbondo yang harapannya dapat memudahkan dosen dan mahasiswa-mahasiswi untuk mencari data. Hari ini pihaknya bekerja-sama dengan BPS melaunching pojok statistik yang di tempatkan di ruang perpustakaan kampus Unars Situbondo. Selanjutnya, ada 2 orang petugas dari BPS yang ditugaskan untuk menjaga pojok statistik.


"Dari hasil survei lapangan yang dilakukan BPS, bukunya di taruh di pojok statistik Unars. Sehingga buku hasil karya dan surveinya bisa dibaca oleh dosen, mahasiswa serta masyarakat umum. Saya berharap mahasiswa-mahasiswi sering mengunjungi pojok statistik untuk banyak membaca dalam mencari data," ucapnya.


Sementara itu, Kepala BPS Situbondo Bagas Susilo menjelaskan, pojok statistik bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan literasi statistik bagi masyarakat, utamanya kepada para mahasiswa. Diharapkan mereka (mahasiswa) lebih mengenal tentang statistik beserta  peranannya, sehingga bisa menjadi lahan untuk konsultasi statistik pada saat mengerjakan tugas kuliahnya. Mereka memperoleh statistik dasar, harapannya ada kolaborasi antara official statistik dengan civitas akademika. 


"Adanya pojok statistik, diharapkan mahasiswa lebih dekat dengan berbagai indikator statistik, rilis statistik dan metode statistik yang mereka libatkan dalam penelitiannya. Hampir semua jurusan membutuhkan statistik, seperti melakukan penelitian dengan benar mengikuti kaidah-kaidah sampling dan lain-lainnya," jelasnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama