Rutan Kota Agung Ikuti Rapat Koordinasi Bersama KPU Provinsi Lampung 

Rutan kota agung ikuti rakor
Kasubsi Yantah Rutan Kota Agung Prameswari ikuti
Rakor dengan KPU Provinsi Lampung 

Jawapes Tanggamus - Mewakili Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IIB Kota Agung, Kasubsi Pelayanan Tahanan Prameswari menghadiri rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih dan pemetaan TPS Lokasi Khusus yang diselenggarakan KPU Provinsi Lampung di Ballroom Hotel Emersia Bandar Lampung, Kamis (08/12/2022).


Rapat dihadiri oleh Kadivpas Lampung Farid Junaedi, seluruh Ka.UPT Lapas/Rutan Sewilayah Lampung, Perwakilan Partai Politik,  Disdukcapil Kabupaten/Kota Sepropinsi Lampung serta Stake Holder terkait.


Menurut Ketua KPU Lampung, Erwan Bustami, menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024, KPU harus memastikan setiap warga negara terpenuhi hak pilihnya. Tak terkecuali warga binaan pemasyarakatan yang sedang menjalani pidana di lapas dan rutan. Untuk itu, menghadapi pemilu 2024, KPU akan mendirikan TPS Khusus Lapas dan Rutan yang pendataannya dimulai pada Oktober 2022 ini.


Rutan Kota Agung Ikuti Rapat Koordinasi Bersama KPU Provinsi Lampung
Rapat koordinasi bersama KPU Lampung

Sementara itu, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Lampung Farid Junaedi, dirinya menyambut positif terkait pelaksanaan pendataan data pemilih dari KPU di Lapas  dan Rutan.


"Saat ini, jumlah penghuni lapas dan rutan di Lampung 9.197 orang. Berdasarkan pengalaman pemilu 2019 lalu, bahwa DPT lapas hanya 400an , dan DPTBnya justru 2000an. Kami berharap dengan pendataan yang lebih  awal, hal tersebut jangan sampai terulang kembali di pemilu 2024," terang Farid.


Terpisah, mewakili Karutan Kota Agung, Prameswari mengatakan bahwa Rutan Kota Agung telah mengambil langkah awal  untuk berkoordinasi dengan KPU dan Disdukcapil Kab. Tanggamus.


"Saat ini, dari 337 penghuni Rutan Kota Agung, ditemukan 29 orang yang tidak terindentifikasi NIK nya. Kami sudah mengkoordinasikan dengan  Disdukcapil Tanggamus untuk dilakukan verifikasi iris mata dan perekaman eKTP nya. Mudah-mudahan koordinasi yang sudah terbina baik, intensif dan berkelanjutan bisa mensukseskan pemilu 2024 di Rutan Kota Agung," tutupnya. (Ady)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama