Maraknya Aktivitas Tambang Pasir Menggunakan Mesin Diesel Penyedot di Wilayah Gandusari Blitar

Wabup Situbondo Canangkan Gerakan PKK Sehat Lestari Berencana
Aktifitas penambangan pasir menggunakan mesin diesel penyedot di wilayah Kecamatan Gandusari

 

Jawapes, BLITAR - Praktik tambang pasir menggunakan mesin diesel penyedot di wilayah Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar Jawa Timur keberadaannya terkesan makin marak dan sangat merajalela.


Diperoleh informasi, saat tim invsetigasi dan awak media ini konfirmasi ke salah satu warga berinisial HR yang kebetulan lewat sekitar lokasi, menyaksikan ada kegiatan mobil dump truck tiap hari.                             


"Tiap hari dari pagi hingga sore, ada banyak mobil dump truck yang antri untuk mengambil hasil tambang sirtu (pasir dan batu) di lokasi tersebut," jelasnya, Kamis (1/12/2022) siang.                                            


Pantauan yang terlihat, aktivitas penambangan pasir yang terdapat di wilayah Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, memang tampak ramai. Satu persatu truk berisi pasir keluar dari area penambangan. 


Terdapat beberapa orang yang bekerja di setiap titik galian pasir, bertugas memantau mesin penyedot pasir tersebut. Pekerja itu membuat aliran air pembuangan untuk mengalirkan pasir bercampur air yang dikeluarkan dari mesin penyedot. 


Usaha pertambangan pasir di wilayah tersebut sudah berjalan cukup lama sehingga nampak juga jalan menuju lokasi tambang itu rusak parah, mengakibatkan jalan berlubang-lubang dan bergelombang. (Red/A.F)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama