Gubernur Jatim Khofifah pimpin upacara hari pahlawan 2022

 

Gubernur Jatim Khofifah pimpin upacara hari pahlawan 2022
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Saat Memimpin Upacara Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan Surabaya 


Jawapes Surabaya - Acara Suasana upacara dalam  memperingati Hari Pahlawan yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur di halaman Tugu Pahlawan, Surabaya, Kamis (10/11/2022).


Dalam acara upacara tersebut yang di adakan di halaman pemerintahan provinsi Jawa timur terlihat wajah semangat walaupun di bawah teriknya matahari  (pemprov Jatim)


Upacara tersebut dipimpin langsung oleh gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berlangsung dengan khidmat, dan penuh makna.e Sebelum upacara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, pagi ada penampilan tari kolosal yang dipersembahkan “Tari Laskar Surabaya”.


Gubernur Jatim Khofifah pimpin upacara hari pahlawan 2022


Tarian kolosal itu bercerita tentang resolusi jihad perjuangan santri waktu melawan penjajah, yang digagas oleh Hadratussyaikh Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari pendiri Nahdlatul Ulama. Tarian kolosal sebelum dimulainya upacara Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan, Surabaya, 


Usai penampilan tarian itu, protokol upacara kemudian mengarahkan semua peserta untuk masuk ke dalam lapangan. Peserta upacara yang terdiri dari masyarakat sipil, TNI, Polri, Organisasi, dan undangan umum itu, secara keseluruhan ada sekitar 500 orang.


Sementara itu, Khofifah dalam amanatnya menyampaikan bahwa momentum Hari Pahlawan menjadi pengingat nilai-nilai pejuang dan semua kebaikan yang mereka tuangkan untuk menjaga keutuhan bangsa.


“Nilai-nilai kepahlawanan dan semua kebaikan harus dirawat dan dijaga melalui/ pendidikan untuk memajukan karakter Bangsa,” ujar Khofifah di Tugu Pahlawan


Gubernur Jatim Khofifah mengatakan," itu juga  nilai sejarah perjuangan pahlawan harus dikembangkan menjadi praktik edukasi, spiritual, politik, sosial dan kebudayaan,Menurutnya, keteladanan itu mesti diambil sebagai peringatan Hari Pahlawan, supaya perjuangan untuk merawat bangsa bisa tumbuh subur. Namun perjuangan di era sekarang merupakan perang dalam bentuk yang baru.


“Fitrah manusia, nilai-nilai kepahlawanan dan semua kebaikan, harus dirawat dan dijaga. Maka pendidikan untuk memajukan karakter bangsa jadi penting,”tuturnya


Masih gubernur Jatim Khofifah," Selain upacara peringatan Hari Pahlawan, Pemprov Jatim juga memberi lencana Jer Basuki Mawa Beya dan penghargaan bagi mereka yang membawa prestasi untuk Jatim.


“Semangat kerelawanan masyarakat untuk memberi yang terbaik bagi Jatim ini sangat luar biasa, maka dari itu ada pemberian penghargaan dan lencana Jer Basuki Mawa Beya,” pungkas Khofifah. (Afik)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama