Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2022, Polres Situbondo Siagakan 500 Personel

Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2022, Polres Situbondo Siagakan 500 Personel

 

Jawapes, SITUBONDO - Apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2022 dipimpin langsung Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H., Kamis (22/12/2022) halaman Mapolres.


Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Drs H. Karna Suswandi, M.M, Kepala Lapas Kelas IIB Rudi Kristiawan, A.Md.IP., S.H., M.M., Pasiops Kodim 0823 Kapten Inf Basuki Rahmat, Perwakilan Kejari, Komandan Subdenpom V/3-5 Kapten Cpm Kusna, Kanit PJR V Polda Jatim AKP. Isminto, Kasi Lalu Lintas Dishub S. Arofa, Ketua Senkom Mitra Polri Mizab Asdary, Sekretaris FKUB Muhammad Hanif, dan Wakil ADM Perhutani Bondowoso Rahman Hadi.


Kapolres Situbondo menyebutkan kegiatan ini sebagai bentuk persiapan terakhir sebelum Operasi Lilin Semeru 2022 yang resmi diselenggarakan mulai tanggal 23 Desember 2022 - 3 Januari 2023 mendatang, dalam rangka untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.


"Sekitar 500 jumlah personel gabungan dilibatkan dalam Operasi Lilin Semeru 2022, terdiri dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP dan Dinkes, Instansi terkait serta mitra kamtibmas," ujarnya.


Adapun obyek-obyek yang akan dilakukan pengamanan yaitu tempat-tempat ibadah, pusat keramaian masyarakat, tempat wisata termasuk juga melaksanakan rekayasa-rekayasa lalu lintas saat masyarakat melakukan mobilitas selama Nataru (Natal dan Tahun Baru).


Andi Sinjaya mengatakan, sesuai amanat Kapolri, keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama. Karena itu, seluruh personel pengamanan diminta untuk senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama melaksanakan tugas.


Lebih lanjut menambahkan, perayaan Nataru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.


Selama Nataru, telah disiapkan 5 Pos yang tersebar di jalur Pantura Situbondo. Antaranya 1 Pos Pelayanan yakni Pos Utama Raya di Banyuglugur dan 4 Pos Pengamanan yaitu Pos Pasir Putih Bungatan, Kota, Asembagus serta Pos Baluran Banyuputih.


"Polres Situbondo juga menyiapkan langkah mendeteksi dan mereduksi segala bentuk gangguan kamtibmas, mencegah kecelakaan juga kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketahanan pangan, serta aksi terorisme," jelas  Kapolres Situbondo.


Dipenghujung kegiatan, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H. dengan didampingi bupati mengecek kesiapan pasukan apel Operasi Lilin Semeru 2022 yang terdiri dari Subdenpom V/3-5 Situbondo, Kodim 0823, Polres dan Polsek Jajaran, Dishub, BPBD, Damkar, Perhutani, PMI dan Dinas Kesehatan sekaligus meninjau kesiapan sarana kendaraan. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama