Edukasi Masyarakat, Sosialisasikan Pemanfaatan Tanaman Herbal

Edukasi Masyarakat, Sosialisasikan Pemanfaatan Tanaman Herbal
Dosen pembimbing dan mahasiswi Prodi S1 Farmasi Fakultas Ilmu
Kesehatan UNIB Sukorejo foto bersama usai melaksanakan sosialisasi

Jawapes, SITUBONDO - Puluhan ibu-ibu Dusun Krajan, Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa ikuti acara sosialisasi pemanfaatan tanaman herbal rumah sebagai pelancar ASI dan pengolahan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibrahimy (UNIB) Sukorejo Situbondo, bertempat di kediaman kader posyandu balita setempat, Jumat (23/12/2022).


Dosen Prodi S-1 Farmasi FIK UNIB Sukorejo, Burhanudin Gasim Soka, M.Farm selaku narasumber mengatakan, pada kegiatan sosialisasi ini pesertanya adalah ibu menyusui yang ada di wilayah kerja Puskesmas Arjasa. Mereka diberikan pemahaman dan edukasi tentang galaktagog herbal dan formula jamu untuk memperlancar ASI. Yaitu dengan memanfaatkan tanaman yang ada pada lingkungan sekitar. Seperti kangkung, asam jawa, daun pepaya, pare, temulawak, kelor, mengkudu dan jenis tanaman herbal lain. Masyarakat bisa mudah mendapatkannya dengan harga terjangkau dan bahkan gratis, karena dapat memetik tanaman tersebut di pekarangan rumahnya. 


"Bagi ibu yang sedang menyusui bisa mengkonsumsi olahan tanaman herbal untuk memperlancar ASI, dengan harapan bayi yang disusuinya bisa berkembang dan tumbuh sehat. Jadi asupan gizi, protein dan nutrisi yang dibutuhkan si bayi dapat terpenuhi. Kegiatan ini untuk mendukung program pemberian ASI ekslusif kepada bayi usia 0 bulan sampai 6 bulan," ucapnya (dikonfirmasi awak media).


Sementara itu, apt. Diana Lady Yunita Handoyo, M.Farm sebagai Dosen Prodi S-1 Farmasi UNIB Sukorejo menambahkan, pelaksanaan sosialisasi pemanfaatan tanaman herbal saat ini merupakan kegiatan penelitian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswi semester lima Prodi S-1 Farmasi FIK UNIB Sukorejo, guna menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Fit)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama