Cegah Peningkatan DBD, Puskesmas Panji Lakukan Fogging dan PSN

Cegah Peningkatan DBD, Puskesmas Panji Lakukan Fogging dan PSN
Petugas Puskesmas Panji didampingi ketua RT setempat melakukan penyemprotan fogging di rumah warga

 

Jawapes, SITUBONDO - Bermula dari informasi masyarakat adanya kasus DBD, petugas Puskesmas Panji melakukan penyemprotan fogging di area rumah warga, Dusun Krajan, Desa Kayuputih, Sabtu (3/12/2022).


Rusmandani selaku Programer DBD Puskesmas Panji menjelaskan, pelaksanaan penyemprotan fogging di Dusun Krajan karena adanya penambahan kasus DBD diwilayah tersebut. Selain penyemprotan fogging, pihaknya bekerja-sama dengan ketua RT dan kepala dusun berikan himbauan kepada masyarakat agar meningkatkan kembali kegiatan kerja-bakti untuk memberantas sarang nyamuk di lingkungan masing-masing. Selanjutnya, melaksanakan sosialisasi penerapan 3M plus pada masyarakat. Yaitu, menguras, menutup dan mengubur atau mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangan-biakan nyamuk penular demam berdarah. 


"Diharapkan masyarakat selalu membiasakan pola hidup sehat dan mampu mengenali gejala dini DBD. Kalau tidak segera ditangani atau dirujuk ke Puskesmas, rumah-sakit ataupun faskes terdekat, maka penderita DBD akan mengalami pendarahan serius dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Penularan DBD dari gigitan nyamuk aedes aegypti yang membawa virus dengue. Secara umum penderita penyakit DBD akan mengalami demam, nyeri di ulu hati, mual dan timbul bintik-bintik di kulit serta beberapa gejala lainnya,"ujarnya.


Lebih lanjut, Rusman menerangkan, penyebab tingginya kasus DBD karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap PSN dan penerapan 3M. Kalau secara keseluruhan pada tahun 2022 ini kasus DBD di wilayah kerja Puskesmas Panji alami penurunan jika dibandingkan dengan tahun kemarin, tapi khusus di wilayah Desa Kayuputih ada peningkatan. 


"Sekarang memasuki musim penghujan, jadi rawan terjadinya peningkatan penularan penyakit DBD. Oleh karena itu perlu adanya langkah antisipasi. Sedangkan tujuan dilakukan penyemprotan fogging hanya untuk membunuh nyamuk dewasa. Sementara untuk membasmi jentik nyamuk perlu melakukan PSN dan menerapkan 3M," pungkasnya. (Fit)


Pembaca

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama