Semarakkan HKN ke-58, Forkopimda dan Insan Kesehatan Situbondo Melaksanakan Senam Sehat

Ketua TP PKK Kabupaten Situbondo menyerahkan hadiah kepada insan kesehatan berprestasi dalam rangkaian HKN ke-58

 

Jawapes, SITUBONDO - Jajaran Forkopimda Situbondo hadiri kegiatan Apel Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang digelar oleh Dinas Kesehatan, bertempat di Alun-alun Kota, Jumat (11/11/2022). 


Dalam acara tersebut, Bupati Situbondo Karna Suswandi memberikan apresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan (Nakes) Kabupaten Situbondo. Perjuangan Nakes di kabupaten Situbondo patut diapresiasi karena tidak mengenal lelah dalam melaksanakan tugasnya untuk menyelamatkan masyarakat saat pandemi Covid-19.


"Keberadaan nakes benar-benar menjadi pahlawan dalam menghadapi penyakit yang waktu itu mengancam nyawa setiap manusia. Tetapi, tim kesehatan dengan semangat dan tanggung jawabnya sebagai Nakes, berani berada di garda terdepan untuk menangani pasien Covid-19,” kata Bupati Situbondo.


Lebih lanjut, Bupati berharap di momen peringatan HKN ke 58 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat. Sehingga, Indonesia bisa kembali sehat dan tumbuh. Dengan sehatnya Indonesia, maka roda pemerintahan untuk mensejahterakan masyarakat pasti akan terwujud.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Dwi Herman Susilo mengatakan, peringatan HKN ke-58 membawa pesan bahwa di masa transisi pandemi ke endemi supaya masyarakat tidak boleh lengah. Seluruh elemen masyarakat berperan serta dalam upaya menjaga kesehatan. Kemudian, memprioritaskan promotif, preventif dan menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). 


“Saya himbau agar masyarakat terus menjaga pola hidup bersih. Sehingga, hidupnya jauh dari penyakit,” kata Dwi.


Selanjutnya Dwi H Susilo menerangkan, Dinkes sudah melaksanakan beberapa program kegiatan, antaranya donor darah, workshop implementasi germas dan melakukan kegiatan deteksi dini penyakit menular, seperti HIV, hepatitis dan sifilis dalam rangka triple eliminasi.


"Dalam rangka peringati HKN di tahun ini, kita juga mengadakan lomba-lomba olah-raga yang bersifat menyehatkan tubuh,” terangnya.


Setelah acara seremonial dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan hadiah kepada setiap insan kesehatan yang sudah berprestasi mengikuti perlombaan dalam memeriahkan HKN. Kemudian, Bupati dan Wabup Situbondo bersama seluruh insan kesehatan mengikuti acara senam bersama di Alun-alun Kota Situbondo. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama