Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Oleh-Oleh, Disparpora Situbondo Adakan Pelatihan

Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Oleh-Oleh, Disparpora Situbondo Adakan Pelatihan
Kepala Disparpora Situbondo membuka pelatihan peningkatan kapasitas pelaku usaha oleh-oleh

 

Jawapes, SITUBONDO - Tingkatkan keterampilan dan kapasitas, puluhan pelaku usaha oleh-oleh ikuti pelatihan olahan makanan dan minuman dari bahan dasar buah mangga. Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah-raga (Disparpora) Kabupaten Situbondo, bertempat di UPT BLK Situbondo, Jumat (18/11/2022).


Saat membuka acara pelatihan, Kepala Disparpora Situbondo Dra. Hj. Tutik Margiyanti, ST., M.Si., mengatakan, kegiatan ini untuk pengembangan SDM melalui pelatihan peningkatan kapasitas bagi pelaku usaha oleh-oleh. Peserta pelatihan diberikan tambahan ilmu agar mereka bisa menciptakan inovasi-inovasi. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan ibu-ibu peserta bisa membuat produk makanan atau oleh-oleh khas Situbondo, sehingga wisatawan yang datang mempunyai kenangan untuk kembali lagi. Selanjutnya, pariwisata merupakan pintu gerbang masuknya sebuah pertumbuhan ekonomi. 


"Kalau pariwisata berkembang, maka otomatis semua sektor akan ikut berkembang. Pasti di sana membutuhkan oleh-oleh, souvernir, kuliner dan tempat wisatanya. Tentu semua harus tersajikan dengan bagus dan menarik supaya wisatawan yang datang ke Kabupaten Situbondo bisa tertarik," ucapnya.


Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Oleh-Oleh, Disparpora Situbondo Adakan Pelatihan 2
Kepala Disparpora Situbondo bersama narasumber dan peserta pelatihan saat sesi foto bersama


Tutik Kepala Disparpora menjelaskan, nanti peserta diajarkan bagaimana cara mengurus izin P-IRT dan pemasaran. Tentunya kalau sudah dipasarkan akan menambah pendapatan, jadi ada pertumbuhan ekonomi bagi keluarga, masyarakat dan daerah.


"Saya berpesan, ikuti pelatihan ini dengan rasa senang dan manfaatkan sebaik-baiknya. Apabila ada materi yang disampaikan kurang paham, peserta bisa bertanya langsung ke narasumber," ujarnya. (Fit/Fno)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama