Pagelaran Situbondo Ethnic Festival, Bupati Karna Berharap Bisa Mengangkat Perekonomian Masyarakat

Pertunjukan kesenian tari meriahkan pagelaran event Situbondo Ethnic Festival

 

Jawapes, SITUBONDO - Pemkab Situbondo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) mengadakan pagelaran Situbondo Ethnic Festival (SEF) dengan menampilkan berbagai karya seni tari dari berbagai daerah se-Nusantara, Sabtu (26/11/2022) depan pendopo Aryo Situbondo.


Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, M.M., mengatakan, kegiatan Situbondo Ethnic Festival (SEF) digelar dalam rangka untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya lokal yang ada di Kabupaten Situbondo. Pagelaran SEF berbeda dengan event-event lain, karena ajang Situbondo Ethnic Festival adalah gabungan dari budaya, meliputi seni tari, fashion dan karnaval. Sehingga masyarakat tidak hanya terfokus dalam satu tempat di alun-alun, tetapi bisa menonton sampai ke jalan pemuda (TMP).


"Adanya event SEF diharapkan Kabupaten Situbondo ke depan akan menjadi kota tujuan masyarakat dari luar daerah. Alhamdulillah, event ini sekarang sudah mulai banyak yang tertarik dari berbagai kabupaten atau kota dan termasuk provinsi. Tentunya ini menjadi sesuatu yang bagus untuk kedepannya. Saya ingin tujuan akhirnya adalah menjadi daya ungkit perekonomian masyarakat," kata Bupati Karna.


Lebih lanjut bupati menambahkan, ketika pembukaan event Situbondo Ethnic Festival diawali dengan penampilan seni tari khas Kabupaten Situbondo, yaitu tari landhung.


Sementara itu, Bobby selaku Ketua Sanggar Yayasan Suara Agung Jembrana Bali yang hadir mendampingi anak didiknya sebagai peserta memberikan apresiasi adanya kegiatan Situbondo Ethnic Festival, karena pihaknya diberi kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan SEF 2022 dengan menampilkan kesenian tari Bali. Seniman musik bambu asal pulau Dewata ini mengungkapkan sudah pengalaman mengikuti event kesenian menjadi peserta di beberapa belahan dunia, seperti Negara Jepang, Belanda dan Perancis.


"Saya berharap kegiatan SEF bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Saya merasa senang bisa tampil di kegiatan ini," ucapnya.


Pantauan di lokasi, selama kegiatan SEF berlangsung tampak masyarakat memadati untuk ikut menyaksikan pertunjukan kesenian tari dari berbagai daerah. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama