Disperpusip Situbondo Gelar Bimtek, Diharapkan Peserta Paham Teknik Pengelolaan Perpustakaan

Disperpusip Situbondo Gelar Bimtek, Diharapkan Peserta Paham Teknik Pengelolaan Perpustakaan
Pelaksanaan bimtek pengelola perpustakaan

 

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Situbondo adakan bimtek bagi pengelola perpustakaan, bertempat di Lantai II Aula Pemkab Situbondo.


Dikonfirmasi awak media, Selasa (22/11/2022). Kepala Disperpusip Situbondo, Didik Sulistiyono, SH., M.Si., menjelaskan, bimtek ini dilaksanakan selama 6 hari dan pesertanya ditujukan kepada pengelola perpustakaan yang ada di OPD, sekolah dan beberapa desa wilayah Kabupaten Situbondo. Sehingga harapannya mereka bisa paham tentang teknik pengelolaan perpustakaan dan teknis bagaimana agar masyarakat jadi gemar baca buku dengan memanfaatkan perpustakaan yang ada disekitarnya. Teknis pengelolaannya seperti cara merawat buku, administrasi peminjaman buku, mengetahui macam-macam buku yang diminati masyarakat serta tata cara mendisplay buku yang benar.


"Kalau senang membaca buku, maka ilmu pengetahuan kita akan bertambah. Kami terus berupaya untuk memberikan pembinaan kepada pengelola perpustakaan," ucapnya.


Didik Sulistiyono menambahkan, Disperpusip Situbondo memiliki beberapa layanan. Diantaranya layanan perpustakaan keliling dan becak mapan, yaitu perpustakaan memberikan pelayanan membaca dan bercerita bagi pelajar dan masyarakat sampai ke pelosok wilayah Kabupaten Situbondo dengan menggunakan mobil perpustakaan keliling. Berikutnya, ada layanan Pantura Mas (Pelayanan Tujuh Hari Kerja Masyarakat Puas) dan layanan Tali Pusar (Digitalisasi Perpustakaan dan Kearsipan), layanan tersebut merupakan terobosan bagi Perpustakaan dan Kearsipan yang bisa diakses oleh masyarakat dimanapun dan kapanpun melalui aplikasi berbasis web.


"Jumlah pengunjung mengalami peningkatan setiap tahunnya, yakni rata-rata pengunjung 60 orang perhari. Pengunjung terbanyak dari kalangan pelajar dan mahasiswa," pungkasnya. (Fit/Fin)


Pembaca

1 Komentar

  1. Mantap Bang Fino update beritamu untuk pencerahan kepada masyarakat Situbondo

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama